Home > NEWS > Makanan Korea Yang Ingin Dicoba

Makanan Korea Yang Ingin Dicoba

E-book Korea Tourism Organization

http://english.visitkorea.or.kr/e_book/ecatalog.jsp?Dir=4&catimage=

 

Berwisata sambil menikmati hidangan kuliner sepertinya sesuatu yang asyik. Apalagi dengan mencicipi makanan yang belum pernah kita rasakan sebelumnya. Salah satu negara tujuan wisata saya adalah Korea, saya sangat ingin dapat pergi ke sana.

Di Korea ada banyak makanan yang belum pernah saya ketahui. Hanya sedikit makanan Korea yang saya tau, seperti Kimchi misalnya. Ternyata di facebook Korea Tourism Organization (Indonesia) ada banyak informasi yang bisa saya dapatkan mengenai kuliner Korea.

Dari sekian banyak menu kuliner yang ada di Korea, ada tiga makanan yang sepertinya sangat menggiurkan, yaitu Jajangmyun, Seolleongtang dan Kkochi Eomuk. Saya sangat tertarik untuk dapat mencoba ketiga makanan tersebut.

1. Jjampong

 

Jjampong

Jjampong adalah sup mie pedas dengan campuran seafood, daging dan sayuran dan ini terkenal sebagai temannya Jjajangmyeon karena orang Korea sering ragu memilih menu antara Jjampong dan Jjajangmyeon. Mie terbuat dari tepung gandum. Umumnya Jjampong dibuat dengan bawang dan minyak cabai. Jumlah cabai dalam campuran tergantung pada selera orang masing-masing. Seandainya kita menyukai pedas, mungkin bisa menambahkan banyak cabai dalam sup tersebut.

Seafood yang sering digunakan adalah cumi-cumi, kerang, dan udang. Potongan daging yang digunakan antara lain adalah daging sapi. Sedangkan sayurang yang sering dicampurkan dalam Jjampong ini antara lain kubis, bawang, wortel, jamur dan sayuran hijau lainnya. Jjampong telah menjadi makanan yang disukai, baik oleh warga Korea sendiri, maupun juga warga dunia lainnya.

2. Seolleongtang

 

Seolleongtang

Seolleongtang adalah salah satu jenis sup yang paling terkenal di Korea. Bahan masakan yang satu ini terbuat dari sup kaldu tulang sapi yang direbus dalam waktu lama. Biasanya masak sup ini membutuhkan waktu berjam-jam lamanya agar kalsium yang ada terlepas sampai tulangnya berwarna putih khas.

Karena terbuat dari tulang sapi bukan berarti hanya ada tulang saja di menu sup ini. Namun dalam menu sup Seolleongtang juga ada juga potongan daging sapi dan lobak yang dicampurkan. Biasanya orang membuat Seolleongtang saat musim dingin, bisa dimakan untuk sarapan maupun makan malam.

3. Kkochi Eomuk

 

Kkochi Eomuk

Kkochi Eomuk merupakan salah satu menu kuliner yang membuat saya tertarik. Bahan makanan ini terbuat dari adonan ikan dan tepung yang ditusuk seperti sate. Kemudian direbus dengan bumbu beserta lobak. Makanan ini tidak pedas seperti Tteokbokki, sehingga bisa dinikmati semua orang. Banyak yang bilang, rasa Eomuk dan tteokbokki saling melengkapi.

Di Korea, Kkochi Eomuk ini menjadi jajanan favorit di musim dingin karena rasanya yang enak dan hangat. Cobalah untuk memakan eomuk yang sudah direndam dalam kuah dan celupkan dalam kecap manis untuk menambah rasanya. Biasanya Kkochi Eomuk dijual bersamaan dengan kedai Tteokbokki.

Sumber gambar :

  1. @lovers
    April 11, 2012 at 11:40 am

    saya sangat ingin mengunjungi seoul,terutama kyuhyun suju,dan ingin merasakan hidup di sana.

    • inginsekalisehat
      April 12, 2012 at 6:37 am

      wah sama saya jugaaa… pengen ke pulau Nami sama pulau Jeju, hahaha

  1. No trackbacks yet.

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: