Home > NEWS, SPORTS > Menjelang Olimpiade London 2012

Menjelang Olimpiade London 2012

 Salah satu ajang olahraga bergengsi di dunia adalah Olimpiade. Olimpiade diadakan setiap empat tahun sekali dan diikuti oleh seluruh negara di dunia yang terdaftar di Komite Olimpiade Internasional. Di Olimpiade yang terakhir, Olimpiade Beijing 2008, Indonesia meraih hasil yang cukup baik. Diantaranya adalah raihan emas, perak dan perunggu di cabang olahraga bulu tangkis serta perunggu untuk cabang olahraga angkat besi.

Di tahun 2012, Olimpiade akan dilaksanakan di London. Olimpiade London 2012, secara resmi bernama Games of the XXX Olympiad akan dilaksanakan mulai tanggal 27 Juli sampai 12 Agustus 2012. London akan menjadi kota pertama yang secara resmi mengadakan Olimpiade modern sebanyak tiga kali, setelah tahun 1908 dan 1948.

London terpilih sebagai kota penyelenggara pada tanggal 6 Juli 2005 pada Pertemuan IOC ke-117 di Singapura, mengalahkan Moskwa, New York City, Madrid, dan Paris setelah empat putaran pemungutan suara. Pengundian London ini dipimpin oleh mantan juara Olimpiade Sebastian Coe.

 

Olimpiade London 2012 akan berlangsung di sejumlah tempat-tempat baru serta menggunakan fasilitas yang ada dan bersejarah. Banyak fasilitas baru akan digunakan kembali dan rencana merupakan bagian dari regenerasi Stratford dan Lower Lea Valley di timur London.

Olimpiade ini akan memanfaatkan gelanggang olahraga yang sudah dibangun sebelum undian, termasuk Wembley Stadium, Wembley Arena, Wimbledon All England Club, Lord’s Cricket Ground, The O2 Arena, Earls Court Exhibition Centre, Weymouth and Portland National Sailing Academy, dan Excel Centre.

Sebagai bagian dari persiapan, mereka sedang mengalokasikan kursi untuk pemegang tiket. Selama ini penjualan tiket akan ditutup sementara. Rincian lebih lanjut tentang penjualan tiket masa depan akan tersedia pada website www.tickets.london2012.com dari musim semi 2012. Olympic Stadium akan menjadi tuan rumah Atletik dan Paralimpiade di acara Olimpiade London 2012, serta Upacara Pembukaan dan Penutupan.

Obor Olimpiade London 2012 akan dibawa ke 1.018 tempat termasuk dengan kereta api, sepeda, trem dan juga melintas danau dalam relai yang dimulai tanggal 19 Mei sampai 27 Juli 2012. Penyelenggara Olimpiade Locog mengatakan tempat yang dilewati termasuk Proyek Eden, rumah kaca di Cornwall dan Stonehenge -tempat wisata yang merupakan kumpulan batu besar yang dipakai sejak jaman animisme.

 

Pada hari terakhir dari relai 70 hari ini, obor akan dibawa melalui Sungai Thames ke Taman Olimpiade untuk upacara pembukaan. Selama relai 10 minggu, obor akan dibawa oleh 8.000 orang dan menempuh jarak 12.800 kilometer. Obor itu akan diarak di kawasan Skotlandia, Irlandia Utara dan juga Wales.

Sejalan dengan tradisi, api Olimpiade akan dinyalakan di Olympia, Yunani bulan Mei 2012 dan diterbangkan ke Inggris tanggal 18 Mei. Mereka yang dinominasikan membawa obor,termasuk anak-anak muda berprestasi, akan dihubungi bulan Desember dan dipastikan bulan Februari.

Semoga di Olimpiade London 2012 ini, Indonesia dapat meraih hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Mari kita turut memberikan semangat untuk para atlit tanah air. Indonesia pasti bisa…

Sumber  gambar :

  1. March 13, 2012 at 10:24 pm

    semoga atlet Indonesia banyak yang bisa berjaya di London ya gan. amieenn

    kunjungi blog ane juga ya. thanks

    • inginsekalisehat
      March 14, 2012 at 4:38 am

      Aminnn semoga banyak yg bisa berjaya di Olimpiade London 2012 dan meraih medali emas….
      oke gan, saya mampir ya😀

  1. No trackbacks yet.

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: