Home > SPORTS > Faktor Kemenangan Barca vs Madrid

Faktor Kemenangan Barca vs Madrid

Dini hari tadi, kita para penggemar sepakbola, khususnya Liga Spanyol pasti tidak akan melewatkan salah satu ajang bergengsi, yaitu Copa del Ray. Yang lebih istimewa lagi adalah El Clasico kembali terjadi dalam Copa del Ray, yakni pertemuan antara Real Madrid dengan F.C.Barcelona. Dimana para pemain bintang ada dalam kedua klub tersebut.

Dalam pertandingan tadi pagi, Barca kembali menang melawan Madrid dengan hasil akhir 2-1. Madrid yang menjadi tuan rumah pun kalah lagi, padahal di babak pertama Madrid sempat unggul 1 angka dengan tendangan Ronaldo. Namun di babak kedua Barca berhasil mencetak 2 angka ke gawang Madrid melalui sundulan Puyol dan tendangan Abidal.

 

Gol Madrid bermula dari umpan jauh yang diberikan dari tengah lapangan menuju ke lini pertahanan Barca. Di sana ada Ronaldo yang mengejar bola dengan dua pemain Barca. Ronaldo berhasil mendapatkan bola dan menggiringnya ke sayap kiri, kemudian dia langsung menembakkan bola ke gawang Barca dari daerah pinalti. Kedudukan menjadi Barcelona 0 – 1 Real Madrid hingga babak pertama berakhir.

 

Di babak kedua, tampaknya Barca mulai bermain dengan sangat baik. Diawali dari tendangan pojok Barca langsung ke daerah pinalti Madrid, Puyol berhasil menanduk bola ke gawang lawan dan menyamakan kedudukan, skor menjadi Barcelona 1 – 1 Real Madrid.

Dengan gol yang diciptakan Puyol tersebut lantas membuat permainan menjadi berubah secara drastis. Terlihat para pemain Madrid agak frustrasi dan cenderung bermain secara bertahan. Barca pun dominan menguasai bola dan melakukan serangan ke Madrid.

 

Gol pun tercipta lagi untuk Barca. Messi yang dijaga beberapa pemain Madrid berhasil mengecoh lawan dengan memberikan umpan lambung ke daerah kosong. Di sana ada Abidal yang berlari dan menerima umpan Messi dengan sangat baik. Mereka berdua seperti berkomunikasi melalui telepati karena umpan Messi dan penerimaan bola oleh Abidal yang sangat tepat.

 

Para pemain Madrid yang terkecoh langsung mengejar Abidal, namun sayang terlambat, Abidal berhasil melakukan tembakan kaki kiri ke gawang Madrid. Casillas pun tak dapat mengahalaunya. Kedudukan menjadi Barcelona 2 – 1 Real Madrid hingga pertandingan berakhir.

 

Menurut saya ada beberapa Faktor kemenangan Barca dalam pertandingan ini :

 

  • Gaya bermain Barca, yaitu tiki-taka. Gaya permainan Barca ini walaupun sudah diketahui banyak orang, namun tetap saja sulit untuk mengalahkannya.Manchester United dan Real Madrid pernah bekerjasama dalam Liga Champions tahun lalu untuk berbagi informasi mengenai permainan Barcelona dan cara menghentikannya. Karena MU akan bertanding dengan Barca di final Liga Champions. Walaupun begitu, tetap saja Barca menang dengan hasil akhir Barcelona 3 – 1 Manchester United.

 

  • Kerendahan hati para pemain dan pelatih Barca juga merupakan salah satu faktor kemenangan Barca selama ini. Pep dan para pemain tetap rendah hati walaupun berkali-kali menang dan meraih gelar. Mereka seperti klub yang rendah hati, biasa, namun haus akan kemenangan dan gelar juara. Jadi, sangat sulit untuk meredam tekad besar Barca.

 

  • Sportivitas para pemain Barca. Kita bisa melihat dengan jelas Barca bermain jauh lebih sportif dibandingkan dengan Madrid. Contohnya dalam pertandingan tadi pagi, ada 2 kali permainan tak sportif para pemain Madrid, yaitu Pepe yang menginjak tangan Messi secara sengaja tanpa minta maaf dan Coentrao yang mendorong kepala Messi saat keduanya mencoba untuk bangun setelah terjatuh. Messi yang selalu menjadi sasaran para pemain lawan tetap bermain dengan sportif. Dia tak mau bermain seperti itu, karena itu bukanlah permainan sepakbola.

 

 

Video aksi Pepe menginjak tangan Messi

 

Video aksi Coentrao mendorong kepala Messi

 

Dari ketiga faktor tersebut, Barca jauh lebih baik dibanding dengan Madrid. Apalagi dalam segi permainannya, dimana Madrid cenderung bermain kasar dan tidak terpuji. Aksi Pepe yang menginjak tangan Messi itu terekam kamera dan disiarkan secara berkali-kali dalam tayangan ulang uang disaksikan di seluruh dunia.

Akibatnya banyak kecaman dari pendukung Barca. Bukan hanya pendukung Barca saja yang mengecam tindakan Pepe tersebut, namun juga ada kecaman dari para pemain sepakbola terkenal lainnya, seperti Wayne Rooney, Tom Cleverley, Jack Wilshere dan pemain Indonesia Diego Michiels.

Mungkin Madrid sangat ingin menang dengan berbagai cara, walaupun harus bermain dengan kasar dan tidak sportif. Tapi ini sepakbola, dimana sportivitas lebih diutamakan. Kemenangan memang penting, namun bukan segalanya.

 

 

 

Sumber gambar :

  1. muliatinamira
    January 19, 2012 at 5:21 am

    BARCA The Best TIM, maka sangat wajar kalo gelar dunia pemain terbaik dan pelahtih terbaik dimiliki oleh mereka…semua pemainnya hebat, makanya barca jarang kalah…..

    • inginsekalisehat
      January 19, 2012 at 6:19 am

      iya, semenjak awal kayaknya pembinaan di Barca lebih diutamain. yang penting kerjasama tim dan punya gaya bermain sendiri. Sukses terus buat Barca ya

  2. mariano
    January 19, 2012 at 5:21 am

    Bagi saya, memang barcelona lebih disiplin & mengerti makna dari permainan sepak bola. Kalah menang adalah biasa namun yg barcelona tunjukan ialah bagaimana para fans menikmati dunia sepakbola itu sendiri. Aku lebih menikmati bola kalau bola tiki taka………g’luck Barcelonaku!

    • inginsekalisehat
      January 19, 2012 at 6:21 am

      bener mas, setiap permainan Barca pasti selalu membuat kita tertarik. walaupun lawannya susah atau mudah, tapi Barca tetap konsisten ya. Penampilannya pun sangat menarik banget..

  3. January 19, 2012 at 5:43 am

    wah Barca tuh top and the best lah…

    • inginsekalisehat
      January 19, 2012 at 6:21 am

      sip gan… azulgranas!!!

  4. Arif
    January 19, 2012 at 2:22 pm

    Barcelona mmg Juara Sejati, Elegan, Sportif .. Madrid Pecundang Sejati.. Pemain & pelatihnya memalukan, kayak preman aja tuh .. Engga level dg Barca diliat dr manapun !!!

    • inginsekalisehat
      January 20, 2012 at 2:07 am

      dengan insiden kemarin yang dilakukan oleh Pepe dan Coentrao sangat memalukan. Apalagi mereka berdua berada di salah satu klub ternama, Real Madrid. rasanya Madrid sekarang nggak cocok main sepakbola kalau cuma mengandalkan kekerasan dan tindakan tak terpuji. Liat Barca yang selalu membuat kita tertarik dan tampil dengan sangat baik… Dari dulu Barca emang hebat dan penuh dengan legenda sepakbola

  5. Gunawan Rasyid Capu
    January 20, 2012 at 2:31 am

    Kunci utama kemenangan Barca krn mrk bermain bola dgn hati bukan nafsu dendam….semestix setiap pemain bola menjadikan permainan Barca sebagai pelajaran berharga….termasuk para politikus belajarlah dr cara permainan Barca yg elegan, sportif,menyenangkan semua org….

    • inginsekalisehat
      January 20, 2012 at 3:58 am

      permainan mereka yang sportif dan tidak hanya mementingkan kemenangan sangat membuat kita terpesona ya..
      mereka mainnya dengan kesenangan dan nggak saling pamer kehebatan masing-masing. itulah permainan sepakbola Barca

  6. inginsekalisehat
    April 25, 2012 at 9:46 am

    thanks

  1. January 25, 2012 at 10:23 am
  2. April 21, 2012 at 8:06 pm
  3. April 27, 2012 at 5:17 pm

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: