Home > SPORTS > Olahraga Musim Salju di Korea

Olahraga Musim Salju di Korea

Kita semua yang belum pernah pergi ke Korea pasti tidak tahu seberapa dingin negara tersebut. Jika sudah mengalami musim dingin, salju turun dengan sangat lebat, bahkan suhu ketika musim dingin bisa mencapai minus 20 derajat, jauh sekali bedanya dengan kita yang tinggal di Indonesia yang hanya memiliki musim panas dan musim penghujan.

Pantas aja jika Korea telah menuai banyak prestasi dalam olahraga musim dingin. Dalam olahraga musim dingin yang diadakan oleh Asian Games Musim Dingin di Kazakhstan pada tahun ini, Korea menduduki posisi ketiga dengan meraih 13 medali emas, 12 medali perak dan 13 medali perunggu. Sebanyak 4 dari 13 medali emas diraih Korea dalam olahraga terkait salju, seperti olahraga ski alpin dan lintas alam.


Dengan banyaknya prestasi yang telah dilalui oleh Korea di salju, maka Korea memiliki kesempatan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2018. Untuk kotanya dimana lagi kalau bukan di Pyeongchang, tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh para turis asing, terutama ketika salju mulai turun.

Ada banyak olahraga yang bisa kita nikmati di Korea ketika datang musim dingin, tentu saja olahraga yang berkaitan dengan salju. Jadi selama musim dingin, kita tidak hanya diam diri di rumah,tetapi kita juga bisa keluar dan berolahraga bersama orang orang lainnya. Berbagai jenis olahraga yang dapat kita lakukan di musim dingin Korea antara lain adalah Ski, Snowboarding, Toboggan dan olahraga lainnya.

Olahraga yang paling banyak dimainkan selama musim dingin di Korea adalah ski, mulai dari anak-anak hingga dewasa turut aktif berpartisipasi dalam olahraga musiman tersebut. Banyak yang menyukai ski karena ski merupakan olahraga yang populer dan mudah dibandingkan dengan yang lainnya, sehingga olahraga tersebut lebih banyak disukai selain snowboarding dan Toboggan.

Berikutnya adalah snowboarding, yaitu olahraga dengan menggunakan sebuah papan khusus untuk menelusuri salju yang dilekatkan di kedua kaki kita. Setelah ski, olahraga salju ini juga banyak digemari, karena hampir sama mudahnya dengan ski.

Perbedaannya pada ski ada pole (tongkat) yang digunakan sebagai alat bantu dan juga dua buah papan, dimana masing-masing dilekatkan di setiap kaki kita. Sedangkan pada snowboarding hanya menggunakan sebuah papan saja, seperti halnya surfing.

Yang terakhir banyak diminati adalah Toboggan. Walau Toboggan kurang sesuai untuk kategori olahraga, tapi Toboggan sering digunakan setiap musim dingin. Toboggan merupakan kereta salju yang biasanya dikendarai oleh beberapa orang, biasanya yang memainkan ini adalah anak-anak.

Toboggan sering ada di bukit, karena mereka mengendarai Toboggan untuk menuruni bukit. Biasanya Toboggan modern dibuat dari kayu, aluminium ataupun bahan plastik.

Selain ketiga olahraga salju favorit tersebut, masih ada banyak lagi olahraga lainnya di musim dingin, seperti lintas alam, hoki es, Bobsled dan lainnya.

Mengenai Olimpiade Musim Dingin selanjutnya akan digelar di Rusia, yaitu pada tahun 2014. Dengan banyaknya atlet olahraga musim dingin yang berasal dari Korea, maka saya yakin Korea dapat meraih medali dalam berbagai cabang olahraga musim dingin yang diperlombakan.

Karena belum pernah merasakan musim dingin di Indonesia, saja jadi tertarik untuk datang mengunjungi negara Korea. Saya berharap saya dapat menang lomba menulis artikel di Facebook Korea Tourism Organization (Indonesia) sehingga saya mendapatkan tiket ke Korea,, Amienn…

 

 

Sumber gambar :

  1. No comments yet.
  1. December 8, 2011 at 9:08 am

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: