Home > NEWS, SPORTS > Timnas Indonesia Kalahkan Kamboja di SEA Games XXVI

Timnas Indonesia Kalahkan Kamboja di SEA Games XXVI

Pertandingan sepakbola SEA Games XXVI untuk Indonesia telah dimulai semalam. Di pertandingan pertamanya, Indonesia melawan Kamboja, saya pun bersama keluarga menonton pertandingan tersebut di televisi, yaitu di Channel RCTI. Indonesia bermain melawan Kamboja dengan formasi 4-3-3 dan hasilnya Indonesia menang 6-0 atas Kamboja.

 

Indonesia memulai pertandingan di babak pertama dengan agresif dan banyak serangan ke gawang lawan, namun di lini belakang juga diperkuat. Di menit-menit awal, baik dari Indonesia maupun Kamboja bermain baik. Serangan demi serangan dilakukan oleh Indonesia, hingga pada pertengahan babak pertama, umpan yang dilakukan dari sayap kanan langsung menuju ke arah depan gawang Kamboja. Penjaga gawang Kamboja berusaha untuk menangkap bola, namun sayang Tibo (Titus Bonai) mampu mengenai bola dengan kepalanya dan mengarahkannya ke dalam gawang. Skor menjadi 1-0.

Beberapa menit kemudian, Indonesia kembali mencetak gol kedua berkat tendangan bebas yang dieksekusi oleh Patrick Wanggai. Lagi-lagi penjaga gawang kamboja tak mampu menahan bola yang datang, gol pun tercipta ke arah dalam samping gawang Kamboja. Skor sementara 2-0.

Gol ketiga tercetak berkat tendangan pojok yang dilakukan oleh Okto. Okto langsung menembakkan bola ke depan gawang, penjaga gawang Kamboja kembali melakukan kesalahan, bola hanya tertepis tanggannya, kesalahan tersebut langsung dimanfaatkan oleh bek Indonesia, Gunawan menyundul bola tersebut tanpa ada kesulitan. Skor menjadi 3-0.

Sebelum pertandingan babak pertama berakhir, Indonesia masih terus gencar melakukan serangan. Kali ini Patrick menggiring bola ke arah gawang, kemudian Patrick memberikan umpan ke tengah, namun bola mengenai bek Kamboja dan mengarah ke Okto. Okto menembakkan bola ke arah gawang, sayang bola kembali mengenai bek Kamboja, tapi bola masih dikuasai oleh Okto. Tanpa pikir panjang, Okto langsung memberikan umpan lambung ke gawang, Patrick yang ada di sana langsung menanduk bola dan merobek gawang Kamboja. Babak pertama pun berakhir dengan skor 4-0 dimana Indonesia unggul.

 

Di babak kedua, Kamboja mengubah strategi, banyak sekali serangan yang dilakukan oleh Kamboja. Namun tak satupun yang membuahkan hasil sama sekali, bek dan penjaga gawang Indonesia mampu dengan baik bekerjasama untuk mengantisipasi bola. Pertahanan di lini belakang dijaga ketat berkat kerjasama dan kekompakan Diego Michiels dan kawan-kawan. Sesekali tembakan langsung dilakukan oleh para penyerang Kamboja, namun Penjaga Gawang Kurnia Mega mampu mengatasi bola dengan sangat baik.

Namun Indonesia tidak diam saja dengan keunggulan ini, serangan balik pun juga gencar dilakukan. Tendangan keras Egi dari luar kotak pinalti langsung mengarah ke gawang Kamboja, sayang bola terbentur tiang gawang. Kemudian di menit 80, Indonesia mendapatkan kesempatan tendangan bebas yang dieksekusi oleh Andi.

Andi mengoper bola ke temannya dan bola dikembalikan lagi ke Andi, perlahan Andi mulai memasuki kotak pinalti yang dijaga banyak pemain Kamboja. Bola yang dibawa oleh Andi langsung ditembakkan dengan sangat keras hingga penjaga gawang Kamboja tidak mampu mengatasinya, Indonesia kembali mencetak angka, skor sementara menjadi 5-0.

Tak lama berselang, Indonesia kembali mencetak angka. Bola yang dikuasai oleh sayap kanan penyerang Indonesia langsung digiring ke depan, para pemain Kamboja pun tidak mampu mengatasi kecepatan para pemain Indonesia. Bola di kanan lapangan langsung diumpan ke depan gawang, penjaga gawang Kamboja berniat maju untuk menangkap bola, namun bola melesat lebih cepat. Di depan gawang sudah ada 3 orang pemain Indonesia yang dengan mudah langsung memasukkan bola ke gawang tanpa ada kesulitan sama sekali. Ramdani mencetak gol terakhir untuk Indonesia. Pertandingan pun berakhir dengan skor Indonesia 6-0 Kamboja.

Dengan pertandingan pertama ini, Indonesia berada di puncak klasemen Grup A, diharapkan untuk kedepannya Indonesia tetap bermain secara konsisten dan kerjasama yang baik, kalau bisa lebih baik dari ini. Lawan selanjutnya yang akan dihadapi oleh Timnas kita adalah Singapura, Malaysia dan Thailand. Mari kita berdoa semoga Timnas Indonesia mampu bermain dengan lebih baik, lebih disiplin hingga dapat meraih medali emas kelak… Amiennn…..

 

SEA Games XXVI, INDONESIA JUARA

 

Sumber gambar :Youtube

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. November 9, 2011 at 9:41 am

    Bisa dapat gol setengah lusin, maju terus tim garuda.

    • inginsekalisehat
      November 9, 2011 at 9:50 am

      lanjutkan… tapi jangan terlena dengan gol yang banyak tersebut… karena lawan yang menanti ada Singapura, Malaysia, dan Thailand…
      Semoga Indonesia bisa menang dengan gemilang dan sportif dalam menghadapi semua lawannya ya😀

  2. November 11, 2011 at 1:44 pm

    GOOD TIMNAS U-23 MNANG LGII,JNGAN SAMPE SINI AJA MNANG NYA AKU INGIN INDONESIA MNANG MEDALLI EMAS,,,??

    • inginsekalisehat
      November 14, 2011 at 1:39 am

      ya, selamat atas kemenangan Timnas U-23 secara berturut-turut di SEA Games XXVI ini ya🙂

  1. November 8, 2011 at 4:39 am

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: