Home > NEWS > Dukung Komodo di SEA Games XXVI

Dukung Komodo di SEA Games XXVI

Seiring dengan waktu menjelang pembukaan SEA Games XXVI, masyarakat tengah bersiap-siap untuk acara kompetisi yang melibatkan 11 negara di ASEAN.  Maskot yang dipilih dalam SEA Games XXVI adalah Modo dan Modi, yaitu sepasang hewan komodo. Mengapa dipilih hewan komodo sebagai maskot SEA Games XXVI? Apakah alasannya?

Komodo, sebagaimana yang telah kita ketahui merupakan hewan reptile sejenis kadal. Komodo merupakan karnivora, yaitu hewan pemakan daging. Binatang ini adalah kadal terbesar yang pernah ada di muka bumi ini dengan rata-rata panjang mencapai 2 hingga 3 meter. Secara alaminya, Komodo hanya dapat ditemukan di pulau Komodo, Nusa Tenggara.

 

Karena hanya dapat ditemukan di daerah itu saja, maka Komodo dianggap sebagai salah satu hewan yang rentan akan kepunahan. Oleh sebab itu, kita harus melindungi satwa langka agar terhindar dari kepunahan. Berbagai cara telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia, misalnya seperti mendirikan Taman Nasional Komodo untuk melestarikan dan melindungi mereka dari perburuan liar yang dapat mengakibatkan punahnya satwa langka tersebut.

Selain itu, pemerintah juga telah menggunakan komodo sebagai simbol dalam beberapa hal, misalnya adalah penggunakan simbol atau icon satwa komodo dalam uang koin logam bernilai Rp 50, dimana komodo ditunjukkan menjadi simbol dalam koin tersebut. Hal ini mungkin yang pertama kali dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam melestarikan dan menghindari kepunahan satwa langka tersebut.

Untuk itu dalam SEA Games XXVI, pemerintah Indonesia menggunakan satwa langka Komodo sebagai maskot, yaitu Modo dan Modi. Tujuannya adalah untuk mendukung agar satwa langka tersebut bisa terhindar dari ancaman kepunahan dan juga menjadikannya sebagai salah satu keajaiban dunia. Untuk mendukungnya kita bisa membuka situs http://www.new7wonders.com/archives/wonder/komodo.

Atau ada cara lainnya bagi kita untuk mendukung komodo diantara 28 calon keajaiban dunia, yaitu dengan mengirimkan sms. Kita bisa ketik KOMODO dan kirim ke 9818. Biaya yang dikenakan untuk dukungan partisipasi ini hanya 1 rupiah doang, namun dengan 1 rupiah tersebut, kita dapat mendukung komodo sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Mari kita dukung Komodo sebagai salah satu dari tujuh keajaiban yang ada di dunia. Semoga impian ini bisa tercapai dan ikut melestarikan populasi satwa langka yang terancam punah tersebut. Ayo, tunjukkan dukunganmu!

 

 

Sumber gambar :

  1. putra as
    November 4, 2011 at 5:57 pm

    kita sambut sea games dengan ramai nya kota palembang..viss

    • inginsekalisehat
      November 7, 2011 at 3:31 am

      ya ayo mas kita dukung Indonesia di SEA Games, semoga meraih medali emas, Amienn

  2. November 12, 2011 at 7:15 am

    hasil sementara masuk new7wonders urutan ke 6 yey

    • inginsekalisehat
      November 14, 2011 at 1:40 am

      wah, iya bener mbak? hebat ya. semoga bisa terus bertahan jadi salah satu keajaiban dunia ya…🙂

  1. November 1, 2011 at 8:03 am

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: