Home > health > Mengupas Peran Antioksidan

Mengupas Peran Antioksidan

Antioksidan banyak ditemukan dalam kandungan buah dan sayuran. Kandungan antioksidan ini sangatlah baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita, karena antioksidan sendiri cukup berperan besar dan manfaatnya pun juga bagus terhadap tubuh kita. Bahkan antioksidan katanya bisa memperpanjang usia hidup kita.

Kandungan zat antioksidan sangatlah diperlukan oleh tubuh kita, coba kita ambil tema dari orang Jepang yang dalam pola makanannya banyak terdapat makanan yang mengandung kandungan antioksidan, misalnya seperti sayur, buah, bahkan minumannya pun juga yaitu minum teh hijau. Dari sinilah, kita banyak mengambil contoh hidup sehat masyarakat Jepang dalam pola makan yang sehat sehari-harinya. Kini di Indonesia pun, teh hijau juga cukup terkenal, terutama bagi kalangan wanita muda.

 

Antioksidan yang terdapat dalam kandungan vitamin E, vitamin C dapat mencegah dan menangkal oksidasi yang bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Selain itu, zat antioksidan juga dapat membantu kita dalam menghadapi serangan radikal bebas seperti polusi misalnya dan juga membantu kita untuk menurunkan risiko terkena penyakit degeneratif, seperti kanker misalnya.

Beberapa penyakit degeneratif yang berbahaya antara lain adalah penyakit kanker, jantung koroner, dan lainnya. Kedua penyakit tersebut merupakan dua dari sekian banyak penyakit kritis yang mengintai kita, bahkan merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian dengan tingkat risiko yang tinggi.

Untuk menghindari hal yang tidak kita duga,ada baiknya kita juga turut mengkonsumsi buah, sayuran maupun makanan atau minuman lain yang didalamnya terdapat kandungan antioksidan. Sebenarnya ada banyak makanan yang didalamnya terdapat kandungan antioksidan yang cukup baik untuk kesehatan tubuh kita, misalnya pada tempe yang banyak kita temukan di menu makanan kita sehari-hari.

 

Sumber gambar :

  1. October 4, 2011 at 7:53 am

    nice artikel ^^
    kalo sempat mampir ke blog saya yah ,, hehe

    http://gustav-econimics.blogspot.com/2011/10/diet-dapat-mengurangi-resiko-kanker.html

    • inginsekalisehat
      October 5, 2011 at 7:03 am

      makasih gan… oke, siap kunjung balik gan🙂

  2. October 4, 2011 at 8:44 am

    informasi tentang kandungan vit E dan C yang dapat menangkal okdsidasi menambah pengetahuan saya akan ke 2 vit tersebut. thanks for share

    • inginsekalisehat
      October 5, 2011 at 7:02 am

      samasama….. semoga informasi yang saya dapatkan ini bisa berguna buat kita semua ya…🙂

  3. December 29, 2011 at 2:47 pm

    nice post,

    tambahan nih gan
    salah satu sumber antioksidan adalah acai berry. acai berry ini termasuk ke dalam super food loh, cek disini ya: http://www.indonesiatransferfactor.com/2011/12/mengenal-acai-berry.html

    • inginsekalisehat
      January 3, 2012 at 2:07 am

      oke, thanks share informasinya ya gan🙂

  1. No trackbacks yet.

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: