Home > NEWS, SPORTS > Pertunjukan Tae Kwon Do dalam Korea-Indonesia Week di Gandaria City

Pertunjukan Tae Kwon Do dalam Korea-Indonesia Week di Gandaria City

Minggu kemarin saya bersama teman-teman saya sedang menikmati liburan weekend dengan jalan-jalan ke Gandaria City Mall. Kami bertiga ingin membeli perangkat elektronik pada awalnya. Namun ketika kami berada di dekat pintu masuk, ternyata sedang ada pertunjukan seni kebudayaan antar Negara yaitu Negara Indonesia dengan Negara Korea yang bertemakan Korea-Indonesia Week. Penontonnya pun banyak sekali.

Acara kebudayaan tersebut sebenarnya udah berlangsung dari tanggal 28 September, tapi saya baru tau sekarang. Yang saya sempat saksikan adalah pertunjukan olahraga bela diri, yaitu Tae Kwon Do. Olahraga bela diri ini sebenarnya menjadi salah satu olahraga bela diri yang terkenal di Indonesia, selain olahraga bela diri lainnya seperti pencak silat, kung fu, karate, dan sejenisnya.

 

Tae Kwon Do sendiri di Negara asalnya, yaitu Korea, menjadi cabang olahraga nasional Korea dan juga dijadikan pertandingan dalam Olimpiade dunia.

Ternyata Tae Kwon Do ada artinya juga loh, yaitu pengertian Tae Kwon Do dalam bahasa Korea, Tae artinya tendang, Kwon artinya tinju, Do artinya seni. Jadi kalo digabungin makna Tae Kwon Do adalah seni beladiri yang menggunakan tendangan atau tinju.

Kemarin saya melihat beberapa remaja asal Korea menampilkan aksi Tae Kwon Do. Mereka semua walaupun usianya masih muda, ternyata udah pada sabuk hitam semua. Jadi kemarin penampilan mereka seru dan bagus banget, mungkin telah dipilih sebelumnya untuk hadir dalam acara kebudayaan ini.

Ada beberapa tingkatan dalam olahraga Tae Kwon Do ini yang ditandai dengan sabuk berwarna yaitu sabuk warna putih merupakan tingkatan yang paling awal, di tingkat ini, pemula baru mempelajari jurus dasar (gibon) 1. Kemudian sabuk kuning dengan mempelajari gibon 2 dan 3. Selanjutnya sabuk hijau, kita baru mempelajari jurus taeguk 2. Terus sabuk biru kita mempelajari taeguk 4. Kemudian sabuk merah kita mempelajari taeguk 6. Dan yang paling akhir adalah sabuk hitam, yang memiliki tahapan dari Dan 1 hingga Dan 9. Biasanya orang yang memiliki sabuk hitam adalah orang yang paling jago Tae Kwon Do.

 

Setelah pertunjukan Tae Kwon Do selesai, saya dan teman-teman pergi keatas karena ingin membeli peralatan elektronik. Saya rasa Tae Kwon Do bagus untuk dijadikan olahraga bela diri buat kita semua. Saya pun kapan-kapan ingin mencoba seni olahraga Tae Kwon Do ini. Tentunya jika saya ada waktu luang…

Sumber Gambar :

  1. October 9, 2011 at 11:10 pm

    i like tae kwon do

    • inginsekalisehat
      October 10, 2011 at 6:13 am

      yeahhh…. mee toooo

  1. No trackbacks yet.

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: