Home > health > Mengupas Manfaat Tomat

Mengupas Manfaat Tomat

Buah tomat sering kita jumpai dalam menu makanan kita sehari-hari. Buah merah yang satu ini dapat kita konsumsi dengan berbagai macam cara, bisa kita makan langsung, atau dibuat ke dalam sayuran, bahkan juga bisa dimasukkan ke dalam blender dan dibuat jus tomat.

Ternyata selain rasanya yang manis dan enak, buah tomat ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Di dalam buah tomat terdapat kandungan likopen dan antosianin. Kedua kandungan tersebut memiliki khasiat yang bagus untuk tubuh kita.

Kandungan likopen yang terdapat dalam buah tomat memiliki manfaat untuk mencegah kita dari serangan penyakit kanker dan sakit jantung. Kedua penyakit tersebut merupakan dua dari sekian banyak penyakit kritis yang menjadi ancaman bagi kenyamanan hidup kita. Sampai sekarang pun kedua penyakit tersebut harus diwaspadai karena merupakan penyakit yang dapat menyebabkan risiko berbahaya hingga meninggal.

Kemudian kandungan antosianin juga turut berperan dalam mencegah dan mengurangi risiko terkena sakit jantung dan kanker, karena di dalam antosianin terdapat antioksidan yang tinggi. Selain itu juga, antosianin juga baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat atau reumatik. Jadi bila kita mengalami penyakit tersebut, sebaiknya kita mengkonsumsi buah tomat.

Unsur antosianin memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu mengurangi risiko sakit jantung dan menjaga kestabilan tekanan darah kita. Unsur antosianin ini bagus untuk orang yang mengalami sakit asam urat atau reumatik. Biasanya unsur ini ada dalam kandungan apel dan anggur merah.

Buah tomat juga bermanfaat untuk kesehatan kulit kita karena kandungan buah tomat dapat memperbaiki sel-sel kulit kita yang mati dan menggantikannya dengan sel kulit yang baru, bahkan juga dapat mencegah kita dari terkena penyakit kanker kulit.

  1. Feripaimin
    September 21, 2011 at 7:38 am

    siiiiiiiiiiiiiiiiiiiip mantap Q emang suka yang alami kaya gini ini…..

    • inginsekalisehat
      September 21, 2011 at 10:15 am

      Alami kan lebih baik daripada ilmiah, hehhehe

  2. September 21, 2011 at 8:31 am

    untuk sambal juga belum di bahas ok ditunggu coment bactnya di link artikenya ini

    • inginsekalisehat
      September 21, 2011 at 10:16 am

      waduh, yang satu itu kelupaan aku nih… oke deh udah ditambahin ama mas asaz, sebelumnya juga saya pernah kok posting ttg manfaat sambal, hehehehe….

      oke mas, siap kunjung balik… tungguin ya, hehehehe

  3. October 17, 2011 at 12:37 am

    ma kasih infonya ya gan..

    • inginsekalisehat
      October 17, 2011 at 4:42 am

      sama2… makasih juga ya udah berkunjung…

  1. No trackbacks yet.

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: