Home > health > Mengupas Manfaat Pare

Mengupas Manfaat Pare

Menjadi pribadi yang sehat, baik sehat secara jasmani maupun rohani merupakan impian setiap manusia. Tentunya untuk mendapatkan hidup yang sehat, kita juga harus membiasakan pola hidup yang sehat juga. Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya saja dengan mengkonsumsi makan-makanan yang sehat.

Beberapa makanan yang sehat mungkin kita kurang suka, padahal memiliki banyak manfaatnya untuk tubuh kita, seperti sayuran dan sejenisnya.

Sebagian dari kita mungkin kurang menyukai sayur-sayuran dan lebih menyukai makanan junk food. Padahal sayuran sangat berperan penting dalam tubuh kita, baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita maupun untuk kegiatan kita lainnya. Contoh dari sayuran yang kurang kita sukai adalah pare. Sayuran yang satu ini sering kita temukan dimana-mana, terutama dalam salah satu jenis dim sum, yaitu Siomay.

 

Sayuran pare ini memiliki kandungan nutrisi yang bagus. Dalam pare terdapat kandungan antioksidan, kalsium, mineral, vitamin A, vitamin C dan zat besi. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam pare bermanfaat untuk mencegah kita dari serangan kanker. Antioksidan dapat membuat kita lebih kuat dan membuat risiko kita terkena penyakit kanker lebih rendah.

Kandungan kalsium tentu kita ketahui sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi kita, terutama untuk mencegah dari osteoporosis, penyakit tulang keropos yang mengintai kita.  

Kandungan vitamin A turut berperan dalam menjaga kesehatan kita, terutama untuk kesehatan mata kita. Vitamin C memiliki peran penting dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Sayangnya, ada beberapa issue yang menyebutkan bahwa kalau pare terlalu banyak kita konsumsi dapat membuat tubuh kita menjadi kurang sehat, karena terlalu banyak makan pare dapat menyebabkan kadar gula dalam tubuh kita menjadi berkurang atau kadar gula kita rendah.

  1. September 14, 2011 at 5:37 am

    Thanks banget infonya. saya suka makan sayur yang satu ini. tapi memang tidak boleh berlebihan sich. bahkan saya pernah kurang darah gara gara banyak makan pare

    • inginsekalisehat
      September 14, 2011 at 6:09 am

      Sama2 Mas Mukti… wah penggemar pare juga nih, iya Mas, enak apalagi makan pare pake sambal merah, lezat banget Mas, tapi jangan kebanyakan juga makannya ya, hehehe…

  2. Feripaimin
    September 21, 2011 at 7:52 am

    Yaaaaaaaa Q jga sukaaaaaaaa wah mantap bener, jadi tambah suka nic……. lagian di samping enak juga da manfaatnya, mkch bngeeeet dweeeehhhh

    • inginsekalisehat
      September 21, 2011 at 10:14 am

      haha…. penggemar pare juga nih mas yang satu ini….

      enak bener mas, apalagi pare yang ada di siomay,,, hmm mantabnya tuh mas, bikin ngiler, hehehehe….

      sama2, makasih banyak ya mas udah mampir bolak-balik di blog ini, heehehehehehe

  3. Juqi
    November 4, 2011 at 10:24 am

    Ibu saya mengidap penyakit diabetes sampai 350 kadar gulany. Slu naik trun, kalo lg fikiran banyak bs smpe 599 kdr gulay. Pdhal ibu sy mkany slu dpantang. Yg jdi pertnyaan, apkh ibu sya bole mgkonsumsi pare (aman) krna slæn diabetes, ibu sya jg ad rematiky, gatal2 trus jari kiri yg kadang2 kaku sndiri..

    • inginsekalisehat
      November 7, 2011 at 3:34 am

      Sebaiknya untuk mengkonsumsi pare-nya jangan terlalu banyak Mas. Ada baiknya jika diporsikan, karena kalau kebanyakan dapat menyebabkan kadar gula dalam tubuh kita menjadi berkurang

  4. Tasya
    April 9, 2012 at 1:30 pm

    Wah..pengemar pare ♈α᪪ paling enak ϑΐ tuimis pakai tempe n teri

    • inginsekalisehat
      April 10, 2012 at 6:29 am

      sekarang saya lagi kurang suka sama pare malahan mbak, hehehe

  1. No trackbacks yet.

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: