Home > health > Osteoporosis Mengincar Tulang Kita

Osteoporosis Mengincar Tulang Kita

Kita pasti pengen untuk menjaga kondisi tubuh kita agar tetap sehat, karena banyak orang  yang bilang kalo kesehatan itu mahal harganya atau bahkan kesehatan itu nggak ternilai harganya. Namun kadang walaupun sebaik apapun kita menjaga kondisi tubuh kita, kadang juga masih ada penyakit yang menyerang tubuh kita, misalnya aja waktu kita menginjak usia lanjut. Penyakit yang paling sering kita liat pada usia lanjut adalah penyakit tulang keropos alias osteoporosis.

Osteoporosis atau penyakit keropos tulang kayaknya mulai menjadi penyakit serius yang mengincar kita. Emang sih penyakit osteoporosis ini baru mulai kita denger, soalnya penyebabnya munkin karena gaya hidup kita yang kurang sehat. Kadang kan kita suka cuek aja waktu kita masih muda tentang gaya hidup kita, misalnya makan sembarangan, terus juga males-malesan dan jarang olahraga.

 

Padahal tulang kita bakalan kehilangan kalsium, makanya minimal kita harus makan-makanan yang sehat, buah juga bagus, terus juga minum susu kalo mau, dan juga rajin olahraga. Olahraga yang baik adalah di waktu pagi hari, soalnya bagus kandungan sinar mataharinya, karena ada kandungan vitamin D. vitamin D itu nantinya bisa membantu membuat tulang kita lebih kuat. Kalo gaya hidup seperti ini kita biasain sejak dini, mudah-mudahan nantinya di usia lanjut, kita bisa terhindar dari penyakit osteoporosis ini.

Menjaga pola makan juga cukup penting dalam menghindari penyakit osteoporosis. Caranya adalah jangan terlalu banyak makan makanan yang mengandung garam yang tinggi, soalnya kandungan garam tersebut bisa membuat tulang banyak mengeluarkan kalsium, nanti lama kelamaan tulang kita kekurangan kalsium dan akhirnya keropos deh, alias kena sakit osteoporosis ini. Makan yang mengandung lemak juga kurang baik untuk kesehatan tulang kita, soalnya kandungan lemak yang ada nantinya akan bergabung dengan kalsium, akibatnya lama kelamaan penyerapan kalsium untuk tulang kita jadi lambat.

 

Minum susu itu lumayan bagus buat kesehatan tulang kita, soalnya tulang kita butuh kalsium buat menjaga tulang kita agar tetap kuat. Nah di dalam susu itu ada kandungan atau sumber kalsium yang gampang diserap ama tubuh kita, soalnya di dalam susu ini ada kandungan laktosa.

 

Sangat penting kan menjaga kesehatan tubuh kita, tidak hanya tulang tapi juga buat seluruh tubuh kita. Oleh karena itu, ada baiknya sejak sekarang kita lebih memperhatikan kondisi kesehatan tubuh kita, karena sehat itu mahal harganya. Oke, semoga informasi ini berguna buat kita semua…

  1. September 28, 2011 at 7:01 am

    Kepada Yth.
    Rekan Blogger

    Perihal: Undangan Liputan
    Media Workshop
    Osteoporosis Mengancam Generasi Muda

    Salam tulang sehat,

    Menurut penelitian yang diadakan oleh International Osteoporosis Foundation (IOF) pada tahun 2009 di Asia, termasuk Indonesia, banyak perempuan serta pria dengan rentang umur antara 30-40 tahun rentan terkena Osteoporosis. Hal ini selain disebabkan oleh berkurangnya kandungan estrogen dan gaya hidup kurang baik, seperti minimnya berolahraga, juga diakibatkan oleh rendahnya asupan berkalsium dan vitamin D.

    Selain itu dampak Osteoporosis tidak bisa disepelekan. Menurut Health Technology Assessment (HTA) tahun 2005, di Indonesia pada tahun 2000 ditemukan kasus penderita Osteoporosis sebanyak 227.850 orang yang membutuhkan biaya pengobatan sebanyak 2,7 Milyar USD. Di tahun 2020 diperkirakan penderita Osteoporosis di Indonesia akan mencapai sebanyak 426.300 orang yang akan membutuhkan biaya pengobatan sebanyak 3,8 Milyar USD.

    Bukan saja dapat mengakibatkan dampak finansial yang besar, Osteoporosis juga memiliki resiko yang lebih hebat daripada kanker, belum lagi imbas secara psikologis yang muncul pada keluarga penderita. Tentunya guna mencegah agar penyakit mematikan ini tidak berkembang lebih luas lagi diperlukan upaya pencegahan sejak dini. Untuk itu, sebagai bagian dari langkah sosialiasi mengenai Osteoporosis, kami mengundang rekan media baik reporter maupun wartawan foto untuk hadir meliput kegiatan Media Workshop Boneversation yang diselenggarakan pada:

    Hari / Tanggal: Kamis, 29 September 2011
    Tempat : Magnolia Ballroom, Lantai 2, Grand Mahakam Hotel,
    Jalan Mahakam 1, Nomor 6, Blok M Jakarta
    Jam : 10.00 – 12.30 WIB
    Nara Sumber :
    1. Dr. Siti Annisa Nuhonni, SpRM, ahli Rehabilitasi Medik dari FKUI-RSCM
    2. Dr. Fiastuti Witjaksono, SpGK, ahli gizi FKUI
    3. Vienno Monintja, Marketing Director Fonterra Brands Indonesia

    Akan turut hadir Dickson Susanto, selaku Marketing Manager Fonterra Brands Indonesia dan salah satu penderita Osteoporosis yang akan berbagi cerita mengenai penyakit yang dialaminya.

    Selain itu kesempatan ini akan dimanfaatkan juga untuk menginformasikan mengenai kegiatan Journalist Writing Competition dengan beragam reward menarik. Tidak lupa akan ada hadiah door prizes berupa Blackberry untuk rekan-rekan media beruntung yang hadir di Media Workshop ini.

    Besar harapan kami akan kehadiran rekan-rekan media di acara ini, untuk informasi serta konfirmasi lebih lanjut, silahkan hubungi R&R Communications dengan Cissy/Daniel, 0217263109 dan 08567985419/081584265388 atau email cissy@rikadanrekan.com dan daniel@rikadanrekan.com. Terima kasih atas perhatian dan kerjasama yang baik.

    Salam,

    Vera Makki
    Corporate Affairs Manager
    Fonterra Brands Indonesia

    • inginsekalisehat
      September 28, 2011 at 10:59 am

      Makasih banyak nih undangannya ….

      saya pengen ikut, tapi telat tau, hehehe

  1. No trackbacks yet.

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: