Home > health > Sayuran Berbagai Warna

Sayuran Berbagai Warna

Kalo mau sehat, pasti saran yang paling umum dibilang sama banyak orang adalah dengan makan yang sehat, terutama menu makan empat sehat lima sempurna. Menu empat sehat lima sempurna itu terdiri atas susunan nasi atau makanan karbohidrat lainnya, terus ditambahkan dengan lauk-pauk, sayur, buah-buahan dan susu. Jadi ini menu makanan yang klop dan lengkap yang mengandung berbagai nutrisi buat kebutuhan tubuh kita.

Salah satu unsur yang ada dalam menu empat sehat lima sempurna itu adalah sayur, yang kita anggap sayur itu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Nah, biasanya sayuran itu ada berbagai warna, maksud saya sayuran berwarna putih misalnya kembang kol dan yang paling umum kita liat adalah sayuran berwarna hijau, terutama sayuran daun-daunan. Sama juga halnya dengan buah-buahan yang memiliki berbagai warna.

Dibalik beragam warna yang ada di buah sama sayuran, sebenarnya ada hal yang misterius dibalik warnanya, apakah itu? Yaitu setiap warna yang dimiliki sama buah atau sayuran memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Ayo kita ambil contoh warnanya hijau, merah dan putih yang ada di beberapa buah dan sayuran.

Yang pertama adalah sayuran yang berwarna hijau. Anak SD yang udah belajar IPA pun tau kenapa sayuran berwarna hijau, yaitu karena adanya pigmen klorofil. Biasanya sayuran hijau yang mengandung klorofil ini memiliki kadar serat yang tinggi sehingga bagus buat kesehatan tubuh kita. Selain itu, sayuran berwarna hijau  merupakan salah satu sumber potassium, magnesium dan folat.

 

Kemudian selanjutnya adalah sayuran atau buah-buahan yang memilii warna merah. Biasanya yang warna merah ini memiliki fitonutrien likopen dan antosianin, pigmen warna alami.

Unsur likopen bermanfaat untuk membuat kita lebih terlihat awet muda, membantu menghilangkan kerutan dan membantu tubuh kita lebih sehat dari serangan penyakit kanker. Unsur antosianin memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu mengurangi risiko sakit jantung dan menjaga kestabilan tekanan darah kita. Unsur antosianin ini bagus untuk orang yang mengalami sakit asam urat atau reumatik. Biasanya unsur ini ada dalam kandungan apel dan anggur merah.

Contoh yang terakhir adalah sayuran yang berwarna putih. Warna putih ini disebabkan karena adanya unsur antozantin dalam kandungan buah maupun sayuran. Sayuran yang warnanya putih memiliki kandungan antioksidan, manfaatnya bisa membantu kita mengurangi risiko terkena sakit kanker dan juga meningkatkan sistem imun kita.

Sekarang udah tau kan kita tentang rahasia berbagai warna sayuran itu? Jadi apa warna sayuran kesukaanmu…

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: