Home > health > Tips Minyak Goreng Aman dan Sehat

Tips Minyak Goreng Aman dan Sehat

 Gorengan sepertinya menjadi salah satu makanan yang paling banyak kita temukan dimanapun kita berada, baik di rumah, di kantin, maupun di jalanan yang kita lewati. Namun seringkali makanan gorengan ternyata digoreng dengan minyak yang berkali-kali sehingga minyaknya udah kotor tetapi tetap dipakai buat memasak, inilah yang menyebabkan dapat menjadi kurang baik untuk kesehatan tubuh kita.

 

Untuk itu, dalam kesempatan kali ini saya mau membuat artikel yang berisikan tentang informasi mengenai tips minyak goreng yang aman dan sehat. Sebenarnya ada beberapa cara menggoreng, yaitu dengan cara menggoreng dengan menggunakan sedikit sekali minyak. Cara pertama ini biasanya digunakan untuk menumis.

Kemudian cara kedua, yaitu dengan menggoreng menggunakan sedikit minyak. Cara kedua ini biasanya digunakan untuk menggoreng daging atau lainnya yang telah disayat tipis. Cara ketiga adalah dengan menggunakan minyak sedang atau tinggi volumenya setengah dari makanan yang digoreng. Cara menggoreng yang ketiga ini biasanya digunakan untuk menggoreng makanan yang ukurannya lebih tebal, misalnya tempe, tahu, dan makanan lainnya yang ukurannya lumayan tebal.



Sedangkan yang terakhir atau cara yang keempat adalah dengan menggoreng dengan menggunakan minyak yang banyak. Biasanya cara terakhir ini digunakan untuk menggoreng makanan yang ukurannya tebal seperti menggoreng ayam, ikan dan makanan lainnya yang ukurannya tebal.

 

Biasanya gorengan yang ada di jalanan rata-rata kurang baik untuk kesehatan tubuh kita  karena minyak gorengnya warnanya udah berubah menjadi hitam, terus kemudian ada buihnya. Walaupun minyak goreng tersebut udah hitam dan berbuih, tetapi tetap aja masih dipakai buat menggoreng makanan, supaya minyak goreng tersebut nggak kebuang dan menghemat uang.

Untuk itu, ada baiknya jika minyak yang udah sering dipakai itu diganti dengan minyak baru. Minyak goreng sebaiknya diganti ketika warnanya udah berubah menjadi agak cokelat dan jangan sampai warnanya menjadi hitam. Terus ketika minyak goreng tersebut sudah mengeluarkan buih dan berbau.

 

Padahal minyak tersebut udah nggak bagus lagi buat dipakai menggoreng makanan, jadi kalau kita menggoreng makanan sendiri dirumah kita, pasti lebih aman dan lebih baik untuk kesehatan kita kan?

  1. zaitun n f
    December 8, 2011 at 4:40 am

    kirain apaan,,,,,,klw mnyk goreng smpk warnax item,,,,gthu ja smw rang sdh thu,,,,,

    • inginsekalisehat
      December 9, 2011 at 1:34 am

      mungkin berguna buat yg belum tau.. sampai sekarang masih banyak yg menggunakan minyak goreng hingga warnanya hitam

  2. December 27, 2011 at 3:18 am

    makasi ya infonya

    • inginsekalisehat
      December 27, 2011 at 9:47 am

      sama2 ya semoga berguna buat kita semua

  1. No trackbacks yet.

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: