Home > health > Minuman Kurang Sehat di Bulan Puasa

Minuman Kurang Sehat di Bulan Puasa

Sekitar 2 bulan lalu, saya pernah membuat artikel tentang minuman kopi yang berjudul Dilema Mengenai Kopi di https://inginsekalisehatt.wordpress.com/2011/05/13/dilema-mengenai-kopi/.  Kini saya akan membuat artikel kembali mengenai kopi, karena sehubungan dengan datangnya bulan puasa, topic minuman kopi ini menjadi topic yang menarik, terutama bagi kesehatan tubuh kita.

Setelah kita berbuka puasa atau saat kita sahur, bagi yang sudah kecanduan minum kopi, sepertinya untuk langsung minum kopi sungguh nikmat sekali, rasanya manis dan masih hangat. Tapi kita nggak tau bahwa sebenarnya kopi ini bisa mempercepat dehidrasi kita.

 

Selama kita berpuasa, tubuh membutuhkan banyak cairan, sehingga kita menjadi dehidrasi (kehilangan cairan dalam tubuh). Jika kita berbuka puasa dengan meminum kopi, maka nantinya proses dehidrasi tersebut bisa menjadi lebih parah. Ini dikarenakan dalam kopi mengandung zat yang udah kita kenal, yaitu kafein.

Ternyata saya baru tau bahwa zat kafein ini dapat membuat kita menjadi lebih cepat dehidrasi. Yang saya tau sebelumnya bahwa kafein membuat kita menjadi kurang tidur alias begadang. Padahal waktu kita tidur, tubuh kita sebenarnya lagi melakukan proses detoksifikasi (detoks).

 

Detoksifikasi ini yaitu cara tubuh buat melepas racun dalam tubuh. Sehingga kalo kita terus minum kopi, nanti kita jadi keseringan begadang dan tubuh jarang melakukan detoks, hasilnya adalah racun di dalam tubuh kita terus menumpuk dan membuat kita menjadi kurang sehat.

Minum air putih menjadi salah satu cara yang bagus untuk menangani segala penyakit. Untuk manfaat mengenai air putih, saya pernah posting di artikel saya yang berjudul  Tips dan strategi sehat konsumsi air putih di https://inginsekalisehatt.wordpress.com/2011/06/21/tips-dan-strategi-sehat-konsumsi-air-putih/

Jadi, jangan kebanyakan minum kopi ya atau minuman yang mengandung kafein, apalagi di bulan puasa ini. Biasakan saat berbuka dengan minuman yang manis seperti teh dan makanan yang bervitamin. Kita bisa mengambil hikmah di bulan puasa ini sebagai salah satu cara kita untuk menjalani gaya hidup sehat dan dengan menu makan dan minum yang sehat juga.

 

SELAMAT BERPUASA

  1. August 3, 2011 at 10:05 pm

    informasi yang bermanfaat bagi yang melaksanakan puasa. Ini sangat penting untuk kesehatan. terima kasih anda telah sharing pada kami

    • inginsekalisehat
      August 4, 2011 at 1:53 am

      Alhamdulillah, semoa informasi ini bisa berguna buat kita semua ya, terutama di bulan puasa ini.. Terimakasih Mas sudah mampir di blog saya,🙂

  2. December 12, 2011 at 3:39 am

    Terimakasih, informasinya sangat bermanfaat
    salam sukses selalu..

    • inginsekalisehat
      December 12, 2011 at 4:05 am

      sama-sama.
      semoga informasi tersebut dapat berguna buat kita semua.

      Terima kasih dan salam sukses🙂

  1. August 3, 2011 at 5:06 am

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: