Home > health > Gawat! Ternyata Jus Buah Bikin Gigi Rusak

Gawat! Ternyata Jus Buah Bikin Gigi Rusak

Salah satu cara agar kita tetap sehat adalah dengan rajin mengkonsumsi buah-buahan. Buah merupakan salah satu makanan penting yang ada dalam menu sehat seperti menu empat sehat lima sempurna. Banyak sekali kandungan nutrisi yang ada di dalam buah, seperti vitamin, mineral, protein, kalsium, serat, dan kandungan lainnya.

Kalau kita malas makan buah, kita sudah ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengkonsumsi buah, misalnya dengan selai buah, es buah dan jus buah. Namun biasanya di dalam jus buah ada kandungan tambahan berupa gula. Walaupun sehat, tetapi kalau kebanyakan gula bisa membuat badan kita kurang baik.

Kandungan gula tambahan dalam minuman jus buah dapat membuat berat badan kita bertambah, jadi buat yang mau melakukan diet ataupun yang ingin detoks tubuh, kalau mau minum jus buah sebaiknya yang tanpa gula. Selain itu juga kandungan gula lama kelamaan juga bisa membuat gigi kita menjadi rusak.

Gigi merupakan salah satu organ tubuh kita yang penting. Kandungan gula yang ada di dalam jus buah dapat membuat gigi kita menjadi kurang sehat, apalagi kalau ada kandungan asamnya juga, bisa-bisa membuat enamel gigi kita menjadi rusak.

Sebaiknya setelah minum jus buah, jangan langsung sikat gigi kita, soalnya waktu kita minum jus buah yang ada kandungan gula maupun asam, maka enamel gigi kita akan menjadi lunak. Jika kita menyikat gigi langsung setelah minum jus, maka enamel gigi kita menjadi mudah rapuh dan rusak.

Salah satu jenis buah yang memiliki kadar asam tinggi adalah buah jeruk. Di dalam jus jeruk ini, kadar asamnya sangat tinggi sehingga memiliki kemungkinan besar dapat menyebabkan kondisi gigi kita menjadi rapuh seperti halnya dengan kita meminum minuman bersoda.

Memang kadar asam dapat membuat kondisi gigi kita menjadi kurang sehat dan mudah rapuh, namun asam tersebut tak hanya dari minuman jus buah saja, tetapi bisa juga dari makanan. Makanan sisa yang ada di dalam mulut kita dapat menimbulkan kadar asam larut yang tinggi dan tentunya kurang baik untuk kesehatan gigi kita.

Jadi, mulai dari sekarang, sebaiknya perhatikan kondisi kesehatan gigi kita ya.. khususnya untuk kaum wanita juga, karena katanya kalau wanita yang memiliki kondisi gigi sehat sejak kecil, bisa jadi lebih cepat memiliki momongan. Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat buat kita semua ya, tetaplah memakan buah-buahan, namun jangan terlalu banyak gulanya ya.. ^_^

 

  1. Adi
    September 3, 2011 at 7:57 am

    wah, makasih infonya ya
    Salam kenal.

    • inginsekalisehat
      September 5, 2011 at 3:18 am

      sama sama Mas Adi… semoga informasi ini berguna buat kita semua, and salam kenal juga ya….🙂

  2. October 7, 2011 at 11:37 am

    wah,
    selain ada kelebihanya nya ternyata
    jus buah ada kekurangan nya ugak ea…:)

    • inginsekalisehat
      October 10, 2011 at 6:13 am

      iya mbak, asamnya yang berlebih kurang baik untuk kesehatan tubuh kita. Yang terpenting adalah seimbang, jangan terlalu berlebih dan jangan sampai kekurangan..🙂

  3. March 29, 2012 at 11:35 pm

    kenapa jus buah bisa merusak gigi

    • inginsekalisehat
      March 30, 2012 at 3:33 am

      kandungan kadar jusnya mbak

  1. July 28, 2011 at 6:55 am

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: