Home > health > Kenali dan Sayangi Hatimu

Kenali dan Sayangi Hatimu

Organ tubuh  yang namanya hati tidak sepopular dengan organ tubuh kita yang lain yang namanya jantung. Biasanya kita baru sadar akan keberadaannya setelah mendengar kata hepatitis.. Hati merupakan salah satu organ tubuh kita yang vital. Maka, sudah sewajarnya kita harus mengenali hati kita lebih dalam, karena ada pepatah “siapa tak kenal, maka tak sayang”. Oleh karena itu, berikut ini saya akan mengajak anda untuk berkenalan dengan hati :

  • Hati yang terletak di bawah rusuk dan di bagian kanan atas perut, adalah organ terbesar kedua di dalam tubuh ( setelah kulit ) dan beratnya  berkisar 1.25 kg.
  • Hati merupakan organ tubuh yang terpenting  yang memiliki lebih dari 500 fungsi. Antara lain melawan infeksi, memproses makan yang telah diserap usus, mengontrol kadar lemak dan glukosa, serta membuang zat – zat racun dalam tubuh.

 

 

  • Dalam keadaan tubuh membutuhkan vitamin atau mineral, hati secara otomatis akan melepaskan lebih banyak unsur  tersebut ke dalam tubuh, karena hati memiliki kemampuan menyimpan unsur- unsur  bermanfaat bagi tubuh.
  • Kerusakan hati berakibat terhambatnya kemampuan untuk melawan infeksi serta menjalankan fungsi – fungsi penting lainnya.
  • Jenis penyakit yang disebabkan oleh gangguan hati antara lain, hepatitis, sirosis ( pengerasan hati ), batu empedu kanker, dan gangguan akibat konsumsi alkohol yang berlebih.

 

Semoga anda semua juga memperhatikan organ hati anda supaya terhindar dari berbagai penyakit di atas. Sebaiknya kita harus memperhatikan seluruh organ tubuh yang ada di tubuh kita supaya kita dapat terhindar dari penyakit, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan???

 

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: