Home > health > Ternyata Petai Baik Untuk Kesehatan

Ternyata Petai Baik Untuk Kesehatan

Kalau kita dikasih makanan petai, mungkin kita akan menolaknya, karena yang kita tahu petai rasanya nggak enak dan juga bau. Namun apakah kita tau bahwa sebenarnya petai memiliki banyak khasiat tersembunyi di dalam kandungannya. Apa saja itu?

Pada petai terdapat kandungan yang berkhasiat untuk kesehatan kita, misalnya kandungan vitamin, fruktosa, glukosa, sukrosa, protein, zat besi, kalium, kalsium, karbohidrat, fosfor, serat, magnesium dan kandungan nutrisi lainnya.

Kandungan vitamin yang ada di dalam petai seperti kandungan vitamin B6 dapat membantu kita mengendalikan kadar gula dalam darah. Kemudian kandungan vitamin V dapat membantu kita mengurangi stres karena bisa membuat system saraf kita menjadi tenang. Selain vitamin B6 vitamin V, juga ada kandungan vitamin B12.

Selanjutnya kandungan fruktosa, glukosa dan sukrosa membuat tubuh kita jadi lebih bertenaga. Karena ketiganya merupakan gula alami yang dapat memberikan kita energy. Jadi dengan makan petai, energy kita menjadi bertambah, bahkan para atlet juga menyukai makan petai untuk membuat energy mereka lebih kuat dan tahan lama, terutama dalam beraktivitas atau berkompetisi.

Protein yang terdapat di petai itu namanya tryptophan, yang kemudian oleh tubuh diubah menjadi serotonin. Manfaatnya dapat membuat kita menjadi lebih tenang karena bisa mengurangi stres dan depresi seperti kalau kita lagi makan cokelat.

Kandungan zat besi di dalam petai ini mampu membantu kita dalam mengatasi penyakit anemia kita. Hal ini disebabkan karena petai bisa menstimulasi sel darah merah agar produksi sel darah merah kita tidak kekurangan. Seperti yang kita udah tau kalau kalsium sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi kita, sehingga kita terhindar dari penyakit osteoporosis.

Unsur kalium yang ada di dalam kandungan petai sangat bermanfaat bagi perkembangan otak kita, karena katanya petai dapat membuat otak kita menjadi lebih cermat dan teliti dalam belajar. Selain itu, kalium juga dapat membuat kita terkena risiko sakit stroke menjadi lebih berkurang. Kandungan seratnya pun juga tinggi sehingga sangat baik untuk melancarkan saluran pencernaan kita.

Setelah kita tau akan manfaat petai yang sangat baik untuk kesehatan, cobalah untuk mulai memakannya. Jangan takut atau malu kalo kita makan petai, apa gunanya, soalnya petai itu bagus buat kesehatan. Kesehatan itu lebih penting dibandingkan dengan rasa malu.

 

HEALTHY LIFE IS IMPORTANT

  1. kodir
    August 10, 2011 at 8:00 am

    informasinya kalo makan pete badan akan merasa sakit, tapi infonya baik untuk kesehatan mana yang bener yah !

    • inginsekalisehat
      August 11, 2011 at 1:26 am

      Mungkin kalo makannya kebanyakan kali Mas, tapi selama ini kayaknya makan pete nggak ada masalah Mas, malah bagus buat kesehatan. Jaman dulu juga pete jadi makanan orang banyak, makanya orang jaman dulu lebih banyak yang sehat dibandingkan sama jaman sekarang, yang lebih suka sama makanan junk food, hehe ^_^

  2. Lana
    February 25, 2012 at 3:52 pm

    Ada yang saya ingin anyakan yaitu apakah info di atas hasil dr penyelidikan dr LAB ? dan sudah adakah buktimya?

    • inginsekalisehat
      February 27, 2012 at 8:24 am

      sepertinya pernah ada di reportase atau program tv trans 7 gitu deh mbak..

  1. No trackbacks yet.

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: