Home > health > Waspada! Bahan Makanan Pemicu Jerawat

Waspada! Bahan Makanan Pemicu Jerawat

Wajah kita berjerawat? Ah tidakkk…. Ya, kita semua pasti ingin wajah kita agar tetap mulus dan bersih kan. Tapi kalau udah ada jerawat, yah mau gimana lagi, atasi segera mungkin…

Jerawat bisa muncul di wajah kita bisa karena beberapa faktor yang menyebabkannya. Misalnya karena wajah kita kotor, hormon, dan penggunaan kosmetik atau pembersih muka yang kurang cocok dengan kulit wajah kita. Hal tersebut dapat menimbulkan adanya jerawat di wajah kita. Namun tak hanya itu, bahan makanan pun juga bisa membuat wajah kita berjerawat. Apa sajakah bahan makanan tersebut?

Yang pertama adalah bahan makanan yang berlemak. Bahan makanan tersebut dapat menyebabkan jerawat pada wajah kita. Soalnya bahan makanan ini bisa menyebabkan adanya banyak minyak yang ada di kulit kita. Jadinya pori-pori kulit kita ketutup sama minyak di kulit tersebut. Ini yang sebenarnya dapat menyebabkan munculnya jerawat di wajah kita.

Sebaiknya kita atur kalau kita mau makan makanan yang berlemak. Karena makan makanan yang mengandung lemak, selain dapat membuat wajah kita berjerawat, juga dapat menghambat peredaran darah kita. Untuk itu,bahan makanan ini perlu kita waspadai dan kita porsi atau diatur kalau kita mau makan yang ada lemaknya ya…

Selain bahan makanan yang berlemak, ternyata bahan minuman pun juga bisa menyebabkan munculnya jerawat di wajah kita. Misalnya dari berbagai bahan yang ada kandungan susunya, misalnya yoghurt, keju, es krim dan coklat susu. Bahan-bahan tersebut juga dapat membuat kondisi wajah kita bisa berjerawat lebih buruk.

Bahan-bahan yang dibuat dari susu memiliki berbagai faktor penyebab munculnya jerawat, seperti lemak dan hormon yang ada di dalam kandungan susu. Hormon yang ada di dalam kandungan tersebut sama halnya seperti lemak, yaitu dapat membuat produksi minyak di wajah kita menjadi meningkat, sehingga menutupi pori-pori dan akhirnya menyebabkan wajah kita berjerawat.

Ditambah lagi kalau kita suka minum kopi nih.. kandungan kafein yang ada di dalamnya bisa membuat kita nggak tidur alias begadang. Padahal setiap hari kita perlu tidur untuk mengistirahatkan tubuh kita dan juga sebagai salah satu cara detoksifikasi.

Detoksifikasi merupakan cara untuk melepaskan zat yang sisa atau racun yang ada di dalam tubuh kita. Nah, kalau kita nggak tidur atau kurang tidurnya, berarti detoksifikasi tubuh kita kurang. Yang artinya zat sisa tersebut masih ada di dalam tubuh kita, sehingga memicu timbulnya jerawat di tubuh kita. Dan selain itu, juga bisa mengurangi kesehatan atau membuat kondisi kesehatan kita menjadi kurang baik.

Jadi, sekarang kan kita udah tau dan paham mengenai tips sehat tentang bahan makanan dan minuman tersebut yang dapat memicu timbulnya jerawat di wajah kita. Oleh karena itu, kita harus waspada terhadap bahan makanan tersebut, jangan sampai wajah kita yang bersih memiliki banyak jerawat ya…

 

SEHAT TANPA JERAWAT

  1. July 21, 2011 at 3:18 pm

    makanan2 lezat itu ternyata sumber penyakit ya. Jerawat….hiiiii nggak enak tuh kalau nempel di telinga..eh…di wajah. Tapi saya tunggu artikel anda bagaimana cara menghilangkan jerawat. penting nich.

    • inginsekalisehat
      July 22, 2011 at 2:18 am

      Iya nih, nggak enak banget ada jerawat ya, hehe…..

      Oke deh Mas, masukan yang bagus nih Mas, nanti saya buat ya postingan tentang tips cara mengatasi jerawat di wajah.. Makasih banyak Mas, masukannya, hehe🙂

  2. August 30, 2011 at 3:27 pm

    Masukan bagus.. cuma makanan penyebab jerawat kok banyak yang enak seeh…

    • inginsekalisehat
      September 5, 2011 at 3:19 am

      makasih mas Teguh, iya nih mas, makanan yang enak2 ya, tapi yang bikin sehat malah makanan yang kurang enak, hehehehe :p

  3. akim
    September 24, 2011 at 9:36 am

    aduh mas dh bayk kita gunakanye pencuci muka.tapi still gak hilang jugak.apa yg harus sye lakukan don mas?

    • inginsekalisehat
      September 27, 2011 at 2:44 am

      apa waktu istirahat mas cukup? sebaiknya biasakan waktu istirahat (tidur) di malam hari selama 8 jam. dengan tidur, toksin yang ada di tubuh kita bisa keluar dan tubuh juga perlu istirahat.
      kemudian biasakan cuci muka dengan air hangat dan handuk bersih mas.. jangan biasakan menunda cuci muka atau mandi setelah beraktivitas..

  4. mayank
    December 1, 2011 at 3:02 am

    lalu qt gk bs mkan yg enak2 dunk?aaahhh,,,,gk than

    • inginsekalisehat
      December 1, 2011 at 3:10 am

      bisa kok mbak, makan yang enak2, asalkan jangan berlebihan ya…
      bukan cuma mbak aja, saya juga nggak tahan, hehehe🙂

  5. zahara
    December 16, 2011 at 4:11 am

    ternyata susu bisa menyebabkan jerawat ya…
    jerawatku da sembuh sich…
    sekarang pengen gemukin badan…
    untuk genukun badan hrus bnyak minum susu
    sedangkan susu bisa mnimbulkan jerawat,,,
    aduuh gmana nich ya…???

    • inginsekalisehat
      December 16, 2011 at 7:04 am

      minumn susunya disesuaikan mbak, yang penting asupannya seimbang

  6. January 20, 2012 at 9:54 am

    hmmm. makanannya enak2 semua, tapi mending gak makan yang enak2 daripada berjerawat nanti

    • inginsekalisehat
      January 25, 2012 at 4:32 am

      hehehe, makan yang enak sekali kali juga gpp kok, hehe

  7. ervina amiable
    March 21, 2012 at 11:21 am

    kbarnya ayam tu bner g’ bs menjadi penyebab timbulnya jerawat?

    • inginsekalisehat
      March 22, 2012 at 3:20 am

      belum pernah dengar kalo ayam sih mbak.. setau saya malah telur ayamnya

  8. ervina amiable
    March 21, 2012 at 11:23 am

    trus nmie sm telur tu bnar g bs mnjadi penyebab timbulnya jerawat?

    • inginsekalisehat
      March 22, 2012 at 3:21 am

      mungkin telurnya aja yang dapat menyebabkan jerawat. Namun jika konsumsinya tidak berlebihan, maka dapat meminimalisir pemicu jerawat

  1. No trackbacks yet.

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: