Home > health > Efek Positif Berhenti Merokok

Efek Positif Berhenti Merokok

Di kota-kota besar seperti di Jakarta ini, saya merasa banget bahwa bahaya akan polusi udara semakin mengancam kesehatan kita. Polusi udara itu bisa dari berbagai sumber, misalnya dari asap knalpot kendaraan bermotor, asap pabrik, dan yang paling sering kita liat adalah asap rokok.

Walaupun udah di sosialisasi in sama Pemerintah, televisi atau media lainnya tentang dampak negative rokok ini serta bahayanya bagi kesehatan, tapi tetap aja orang masih banyak yang merokok. Awalnya yang saya sering dengar, mereka Cuma mau coba-coba aja biar gentle. Tapi lama kelamaan jadi kebiasaan sehingga untuk menghilangkan kebiasaan tersebut sangatlah susah sekali.

Kebiasaan merokok merupakan hal yang kurang baik, bahkan memiliki beberapa dampak negative seperti sakit kanker, serangan jantung, impotensi, dan ganguan kehamilan serta janin. Mengetahui dampak negative seperti itu, sebagian perokok berusaha buat berhenti merokok. Namun ternyata jika perokok yang udah ketagihan tiba-tiba langsung berhenti merokok, ada juga rintangan dan efek positifnya.

Bagi perokok yang berhenti merokok dalam sehari maka kemungkinan risiko mereka kena serangan jantung bisa menurun, karena racun yang ada di dalam tubuh seperti zat karbon monoksida dan nikotin perlahan mulai berkurang, karena keluar dari dalam tubuh.

Kemudian hari selanjutnya, yaitu di hari kedua merupakan hari yang berat buat perokok yang mulai berhenti. Karena di hari ini, mulai merasakan gejala awal sakit perut, muntah, bahkan hipotermia. Bagi mereka, perokok yang niatnya kuat, mereka bisa mendapatkan efek positif lagi yaitu bisa risiko terkena sakit kanker paru-paru. Sehingga mereka bisa kembali segar dan bernafas lebih lancar, seperti kuat berlari jauh lagi.

Jika mereka yang berhenti merokok sudah kuat hingga berbulan-bulan, minimal satu bulan, maka fungsi paru-paru berangsur-angsur kembali baik.  Bahkan kalau udah lama berhenti sampai 10 tahun, maka risiko serangan jantung, kanker paru-paru udah hampir hilang. Risikonya sama kayak yang belum pernah merokok. Selain untuk diri sendiri, manfaat positifnya juga bagus buat lingkungan sekitar kita.

 

Semoga informasi ini berguna buat kita semua, khsusnya buat kita yang masih merokok ya.

 

HEALTH FOR YOUR LIFE

 

  1. July 18, 2011 at 1:22 pm

    Niat mengajak para perokok untuk mulai mengurangi sampai berhenti dari kebiasaannya menghisap asap tembakau itu tentu sama-sama kita dukung. akan lebih lengkap informasi di tulisan ini, jika berbagai perubahan yang diakibatkan mulai diberhentikan kebiasaan itu, dilengkapi oleh hasil uji pada sejumlah survei atau penelitian ilmiah, tidak hanya atas dasar asumsi atau kajian-kajian teoretik. Niat adalah landasan utama, namun akan semakin berpeluang besar akan terwujud, jika disertai langkah-langkah praktis sejak dini, yang perlu dilaksanakan oleh perokok yang punya niat itu. Terima kasih atas informasinya

    • inginsekalisehat
      July 19, 2011 at 3:26 am

      Terima kasih banyak atas saran dan informasinya.

      Memang yang terpenting adalah niat, karena niat adalah dasar dan landasan utama dalam melakukan berbagai tindakan. Tanpa niat yang kuat, tidak akan ada hasil yang tercapai. Semua hasil yang kita raih adalah hasil dari niat. Dari niat muncul tindakan dan sikap yang akan saling mendukung dan memiliki potensi bagi usahanya.

      Kuatkan niat dan percaya. Makna dari The Power of Believe.

  2. Samuel
    January 2, 2012 at 2:36 am

    Corry ea brow.. Gua g bisa ngehlangin kbiasaan merokok gua,.. Coz keuntungan merokok jga bnyak banget, klau mau tau lhat aja di intrnet.. Hahaha….. Merokok mati, gak ngerokok mati juga.. Lbh baek ngerokok smpe mati… Hahaha…

    • inginsekalisehat
      January 3, 2012 at 2:08 am

      iya, terimakasih atas komentarnya… sayang ya uang yang kita cari malah kita bakar sia-sia

  3. January 17, 2012 at 6:48 am

    Prlu proses utk brhnti mrokok niatku sprti it tp smpe saat nie q msh ttp kena rokok jk da gabung brng mrk hnya meminimalisir z

    • inginsekalisehat
      January 18, 2012 at 2:34 am

      hehehe, pelan2 aja mas

  4. February 7, 2012 at 3:38 pm

    2 jempol bwt yg g ngerokok

    • inginsekalisehat
      February 8, 2012 at 4:51 am

      saya tidak merokok🙂

  5. semigit
    February 17, 2012 at 1:07 am

    Ini adalah hari ke enam saya sejak rokok terakhir yg saya hisap…
    I’m quit! That’s all.

    • inginsekalisehat
      February 20, 2012 at 7:14 am

      bagus mas.. semangat perubahan demi kesehatan

  6. February 23, 2012 at 6:27 am

    Bagus sekali infonya. Harus disebar luaskan artikel seperti ini

    • inginsekalisehat
      February 27, 2012 at 8:27 am

      Terima kasih mas atas tanggapannya🙂

  7. Rosyid
    March 13, 2012 at 7:14 am

    Saya Sudah 2 minggu an berhenti merokok, mohon do’anya biar bisa berhenti seterusnya. Amiin

    • inginsekalisehat
      March 13, 2012 at 8:24 am

      Aminn… semoga bisa berhenti selamanya ya Pak demi kesehatan bersama🙂

  1. No trackbacks yet.

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: