Home > 3D TV, IT/ELECTRONICS > Fungsi 3D Multi Input Menambah Pesona CINEMA 3D

Fungsi 3D Multi Input Menambah Pesona CINEMA 3D


Musim liburan selesai, waktunya kembali beraktivitas. Minggu kemarin, saya sama teman-teman jalan-jalan ke Jakarta Fair 2011, penutupan ceritanya — saya melihat banyak sekali hiburanyang tersedia di PRJ. Pertama kita masuk ke sana dengan membayar tiket sebesar Rp 25.000,- per orang. Kemudian kita dikasih tiket dan kartu masuk.

Dari pintu aula, kita bisa melihat berbagai hall yang ada. Karena teman saya lagi mau beli kamera digital, maka kami pergi ke Hall D yang ada pameran elektroniknya. Di sana ternyata banyak sekali barang-barang elektronik yang harganya murah-murah banget. Sambil nungguin teman saya pilih-pilih kamera digital, saya lihat di sebelah ternyata juga lagi ada pameran 3D TV.

Saya kunjungi tempat LG karena lokasi stand-nya di samping tempat teman saya beli kamera digital. Dari luar, stand LG tersebut sudah ada spanduk CINEMA 3D, THE NEXT GENERATION 3D TV. Saya penasaran dengan spanduk tersebut, jadi saya bertanya-tanya kepada salah seorang SPG di stand LG tersebut.


SPG tersebut menjelaskan kepada saya bahwa CINEMA 3D ini merupakan NEW 3D TV dari LG. Teknologi yang digunakan juga canggih karena menggunakan teknologi 3D terbaru, yaitu FPR 3D. Dengan teknologi ini, maka CINEMA 3D ini bisa flicker free dan No Crosstalk. Tidak seperti Conventional 3D TV yang menggunakan teknologi SG 3D. Bahkan juga ada 3D SMART TV seperti 42” LW5700 misalnya.

SPG tadi menjelaskan, salah satunya teknologi FPR 3D ini menggunakan HARD PANEL IPS pada layar televisi sehingga membuat kita menjadi nyaman. Kemudian juga dengan teknologi ini, berbagai keluhan seperti mual, pusing, dan sebagainya dapat diatasi. Karena Kacamata 3D milik CINEMA 3D juga bebas baterai dan tidak menggunakan berbagai rangkaian elektronik lainnya, selain itu harga pun jauh lebih ringan dibandingkan dengan Kacamata 3D milik Conventional 3D TV yang masih menggunakan baterai, chip dan berbagai rangkaian elektronik. Padahal dengan adanya rangkaian elektronik tersebut, bisa-bisa kita menjadi pusing, lelah mata dan mual.

Selain itu ada fungsi 3D MULTI INPUT yang membuat kita bisa menghubungkan kabel USB ke 3D TV. Jadi kalau kita mau buka file media atau yang lainnya dari USB, kita bisa langsung colok ke 3D TV tersebut. Tak hanya kabel USB aja ternyata, tapi juga ada yang lainnya seperti Component dan HDMI.

Inilah salah satu kelebihan CINEMA 3D kata SPG nya. Emang 3D TV ini keren banget sih, tapi berhubung saya belum punya uang banyak, jadi saya sekedar cuma tanya-tanya aja. Hehehe….

Setelah teman saya membeli kamera digitalnya, kami keluar untuk cari makan dan langsung pulang ke rumah. Selama perjalanan pulang, saya merasa ada yang belum saya mengerti tentang penjelasan SPG LG tersebut mengenai CINEMA 3D, terutama tentang fungsi 3D MULTI INPUT. Jadi kalau saya sudah sampai rumah, saya rencana mau cari di internet untuk tau lebih lanjut dan detail mengenai penjelasan tersebut.

Sesampainya di rumah, saya istirahat dulu, kemudian membuka laptop saya dan mencari informasi di internet. Di sini saya menemukan penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi 3D MULTI INPUT tersebut. Kalau USB kan emang sudah biasa, tinggal colok doang, kemudian Component juga hampir sama. Nah fungsi lainnya untuk input adalah menggunakan kabel HDMI.

HDMI memang sudah kita kenal bahwa merupakan kabel buat menghubungkan antara beberapa sumber audio atau video secara digital. Misalnya yang menggunakan kabel HDMI adalah DVD Player, penerima AV (Audio Video), dan berbagai perangkat elektronik lainnya. HDMI fungsinya buat meningkatkan atau mendukung kualitas video ditambah lagi dengan dukungan audio digital.

Tapi HDMI itu juga nggak tergantung sama standar DTV (Digital TV) seperti ATSC dan DVB, karena semuanya itu adalah enkapsulasi stream data MPEG atau istilah umumnya yang kita kenal adalah file tipe media. Kemudian data tersebut dilewatkan ke decoder dan keluar sebagai data video yang nggak dikompres alias berdefinisi tinggi.

Selanjutnya data video tersebut kemudian diubah menjadi TMDS untuk transmisi digital melalui HDMI tersebut. Hasilnya kita lihat dan saksikan sendiri kan setiap kita menyambungkan kabel HDMI. Graphic dan suaranya begitu jelas.

Mungkin hal inilah yang membuat 3D TV tersebut menjadi andalan dan juga unggulan LG. Bahkan menurut situs consumer report dunia, CINEMA 3D merupakan 3D TV terbaik yang ada di dunia dari berbagai kategori 3D TV.

Itu semua merupakan informasi yang saya peroleh dari berbagai referensi di internet. Semoga dengan membagikan atau share informasi mengenai hal ini, bisa berguna untuk kita semua dan kita lebih memahami berbagai teknologi yang digunakan pada 3D TV.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Silahkan isi komentar Anda...

