Home > health > Siapa Bilang Semua Susu Kandungannya Sama?

Siapa Bilang Semua Susu Kandungannya Sama?

Bangun tidur sebelum kita berangkat ata memulai berbagai aktivitas, kita biasanya diharusan sarapan dulu. Sarapan nggak usah yang bikin kenyang banget, namun cukup sekedarnya untuk mengisi tenaga sebagai bekal cadangan energi kita nanti. Justru kalau kebanyakan bisa bikin kita jadi ngantuk.

Menu sarapan biasanya didampingi oleh minuman sehat seperti susu misalnya. Namun apakah Anda tahu bahwa susu itu berbeda-beda kandungan vitamin dan nutrisinya?

Mari kita simak lebih lanjut mengenai perbedaan-perbedaan ini. Misalnya pada susu sapi, susu kedelai dan susu almond. Ketiga susu tersebut lebih sering dikonsumsi oleh kita sehari-hari. Berikut perbedaan masing-masing susu :

1) Susu Sapi

Susu yang berasal dari sapi ini memiliki kandungan kalsium yang kaya dan kandungan protein yang jumlahnya dua kali lebih banyak dari kandungan yang ada di susu lain. Ada beberapa jenis susu sapi, seperti non fat (tanpa lemak) ataupun low fat (rendah lemak). Sayangnya untuk penderita penyakit laktosa intoleran, jika meminum susu sapi justru bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti sakit diare misalnya.

2) Susu Kedelai

Susu kedelai ini dibuat dengan cara direndam terlebih dahulu dan kemumdian biji kedealinya dihaluskan. Manfaat susu kedelai ini banyak sekali dengan kandungan protein, kalsium lemak tidak jenuh, dan rendah kalori. Sayangnya minum susu kedelai ini bisa membuat penyerapan protein dan mineral menjadi terhambat.

3) Susu Almond

Susu almond ini merupakan susu yang telah mengalami proses olahan yang berasal dari kacang almond. Pengolahan tersebut yaitu dengan mencampurkan kacang almond dengan air dan pemanis. Susu almond ini mengandung vitamin, mineral, dan juga merupakan jenis susu low fat (rendah lemak). Namun sayangnya, karena melalui pengolahan dan pencampuran tersebut, maka kandungan protein yang ada di dalamnya hanya sedikit sekali. Untuk orang yang alergi akan kacang atau orang yang mengalami kekurangan vitamin B, sebaiknya jangan minum susu almond ini.

  1. July 11, 2011 at 11:21 am

    wah isi nya sama judulnya beda

  2. July 12, 2011 at 3:50 am

    thank’s infonya

    • inginsekalisehat
      July 12, 2011 at 6:19 am

      sama-sama… terimakasih Mas Teguh…šŸ™‚

  3. July 18, 2011 at 7:48 am

    susu alami dari sapi memang yang terbaik dalam hal kandungan gizi , walaupun lemaknya relatif banyak.

  4. December 26, 2011 at 1:20 pm

    makasih udh menambah wawasan

    • inginsekalisehat
      December 27, 2011 at 9:47 am

      sama2 ya semoga berguna buat kita semua

  1. No trackbacks yet.

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: