Home > health > Rentannya tubuh saat sistem pernapasan terancam

Rentannya tubuh saat sistem pernapasan terancam

Menjadi diri yang sehat adalah keinginan semua orang, bukan hanya sehat dalam jasmani, namun juga sehat secara rohani. Agar dapat sehat, banyak cara yang dapat dilakukan, misalnya dengan mengkonsumsi menu sehat seperti pola empat sehat lima sempurna, kemudian berolahraga secara teratur dan berbagai gaya hidup sehat lainnya.

Namun, bagi kita yang tinggal di kota besar, seperti Jakarta dengan berbagai keramaian yang padat kelihatannya agak sulit untuk dapat terhindar dari berbagai penyakit kritis. Yang paling mudah terlihat adalah polusi udara yang disebabkan oleh berbagai faktor, seperti asap rokok, asap knalpot kendaraan bermotor, asap pembakaran sampah dan berbagai faktor lainnya.

Dengan polusi udara seperti ini, kita memiliki dampak yang kurang baik untuk kesehatan. Polusi ini jadi terhirup dan terhisap ke dalam system pernapasan kita, dan kemungkinan berakhir di organ paru-paru kita. Akibatnya kesehatan kita menjadi terganggu, padahal organ paru-paru fungsinya sangat penting bagi kebutuhan pernapasan kita. Dengan paru-paru, kita menghirup oksigen dan mengeuarkan karbondioksida, sehingga kita dapat terus memenuhi kelangsungan hidup kita.

Banyak penyakit yang dapat disebabkan dari saluran pernapasan ini, seperti batuk-batuk, Tuberculosis (TBC), atau bahkan bisa sampai kanker paru-paru. Penyakit kanker paru-paru kini sudah jadi ancaman yang paling menakutkan karena dapat menyebar ke berbagai bagian tubuh lainnya. Kanker paru-paru juga merupakan suatu penyakit penyebab kematian yang memiliki angka cukup tinggi saat ini di dunia.

Bagi kita yang sering bepergian, baik ke kantor maupun ke tempat lainnya, sebaiknya siapkanlah masker untuk melindungi system pernapasan Anda. Sekarang ini masih banyak orang yang belum menggunakan masker sebagai pelindung system pernapasannya, baik di terminal, halte, dan berbagai tempat.

Saran saya dalam musim liburan ini, sebaiknya Anda mempersiapkan waktu luang bersama keluarga tercinta untuk bepergian ke suatu tempat seperti pedesaan atau tempat lainnya yang masih memiliki suasana sejuk dan nyaman, khususnya yang masih memiliki banyak pepohonan.

Selamat menikmati musim liburan Anda bersama keluarga tercinta… Have a nice holiday..

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: