Home > health, NEWS > Tips Sehat Konsumsi Makanan Pedas

Tips Sehat Konsumsi Makanan Pedas

Waktu kita masih kecil dulu, kita sepertinya takut sama makanan yang pedas, terutama waktu lihat ada cabe merah. Menurut saya, makanan yang bagus itu sayur, soalnya sayur itu makanan sehat. Tapi sekarang, lama kelamaan saya jadi mulai menyukai makanan yang pedas, apalagi waktu makan bakso atau sejenisnya.

Berawal dari melihat orangtua kita yang menyukai makanan pedas, kita pun pasti akan ikut terpengaruh. Yang pasti, kalau kita maka pedas, biasanya kita lebih cepat makannya karena kepedasan. Ini bagus buat menambah nafsu makan kita.

Selain untuk menambah nafsu makan, makanan pedas juga bagus buat kesehatan dengan syarat memakannya jangan berlebihan atau saat perut masih kosong, karena bisa menyebabkan sakit perut atau penyakit lainnya pada saluran pencernaan kita, terutama pada orang yang memiliki sakit maag atau saluran pencernaan yang sensitive pada makanan pedas.

Manfaat mengkonsumsi makanan pedas untuk kesehatan, yaitu bisa melancarkan peredaran darah kita. Jika peredaran darah kita mengalir dengan lancar, maka kondisi tubuh kita bagus dan mencegah pembekuan darah, sehingga jantung kita selalu sehat. Kemudian juga umumnya di dalam makanan pedas, ada cabai. Cabai mengandung capsaicin yang juga bisa menangkal berbagai faktor risiko penyakit jantung. Selain itu juga bagus untuk menangkal risiko penyakit kanker.

Karena peredaran darah lancar, kandungan Capsaicin ini juga bermanfaat untuk mempercepat metabolisme tubuh kita dan membakar kalori tubuh lebih cepat. Sehingga ini bagus buat orang yang ingin menurunkan berat badannya alias diet. Makanan pedas juga baik untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti sakit flu. Dengan mengkonsumsi makanan pedas, nantinya bisa keluar keringat, melancarkan saluran pernapasan dan menyembuhkan gejala lainnya tersebut.

Semoga informasi ini berguna bagi Anda, terutama untuk Anda yang belum menyukai makanan pedas, ada baiknya untuk mencobanya. Karena selain nantinya bakalan ketagihan, juga bisa bermanfaat buat kesehatan tubuh kita.

  1. September 10, 2011 at 3:03 am

    makan mmg jd lebih bersemangat jika pakai pedas… But,hati2 bagi pendrita sakit lambung/mag.. Thx infonya.

    • inginsekalisehat
      September 12, 2011 at 3:54 am

      iya bener Mas, kayaknya lebih enak makan yang pedes ya, jadi lebih nafsu, hehehe… tenang kan ada Promag, jadi makan pedes oke aja, hehehe…
      sama2 Mas, makasih ya Mas udah mampir🙂

  2. Sharye
    September 17, 2011 at 6:35 am

    gmna klo mkanan pedas,, yg bnyak minyak nya atw berlemak..!!
    ap bgus jg bwat ksehatan..???

    • inginsekalisehat
      September 19, 2011 at 2:22 am

      Makanan pedas juga baik untuk kita mbak.. asal sesuai sama porsinya…yang penting makannya jangan berlebih, hehehe

  3. March 5, 2012 at 12:33 am

    bagus sekali postingannya, saya jadi ga ragu lagi kalau mau makan yang pedas-pedas. padahal sebelumnya saya ini takut sekali dengan makanan yang pedas karena sering buat perut saya mules, padahal sekali-kali mau menikmati masakan yang pedas-pedas.

    • inginsekalisehat
      March 5, 2012 at 7:03 am

      iya mas, kadang rasanya ingin sekali kita makan2 yang pedas ya, tapi ada aja halangannya, hehe…
      Terima kasih atas komentarnya ya mas

  4. April 13, 2012 at 7:15 am

    klo pada saat kita ingin memulai makan makanan yang tingkat kepedasannya diatas normal, apakah sebaiknya kita perlu mengkonsumsi sesuatu yg diperlukan??

    • inginsekalisehat
      April 13, 2012 at 8:17 am

      biasa aja mas, yang penting konsumsinya jangan terlalu berlebihan.

  1. July 7, 2011 at 9:02 am

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: