Home > 3D TV, IT/ELECTRONICS > Kenali Teknologi HARD PANEL IPS 3D TV dari Pameran CINEMA 3D di Senayan City

Kenali Teknologi HARD PANEL IPS 3D TV dari Pameran CINEMA 3D di Senayan City

Ketika saya lagi asik jalan-jalan di Senayan City lagi liat pameran CINEMA 3D di sana, saya liat ada tulisan THE NEXT GENERATION 3D TV di panggungnya. Saya bingung maksudnya, jadi saya nanya ke SPG. Dia menjelaskan bahwa maksudnya adalah 3D TV LG ini merupakan sebuah terobosan terbaru dalam 3D TV, salah satu teknologinya adalah dengan dipasangkan HARD PANEL IPS dalam film. Tapi saya belum ngerti banget waktu dia jelasin. Emang sih saya liat ada tulisan HARD PANEL IPS di CINEMA 3D model LW5700. Yaudah pas pulang, saya coba cari di internet informasi lebih jelasnya lagi.

Waktu saya lagi browsing tentang HARD PANEL IPS di google, saya liat banyak informasi di internet. Di sana dijelaskan tentang teknologi yang dipakai di 3D TV, ternyata saya menemukan ada dua jenis teknologinya. Yaitu teknologi SG 3D (Shutter Glass) dan FPR 3D (Film Patterned Retarder). SG 3D itu adalah teknologi generasi awal yang digunakan sama 3D TV dan teknologi ini masih memiliki beberapa kelemahan. Untuk mengatasi kelemahan tersebut, maka dibuat teknologi terbarunya, yaitu teknologi FPR 3D.

FPR 3D adalah teknologi terbaru generasi kedua pada 3D TV. Teknologi ini memperbaiki kekurangan SG 3D, sehingga bisa flicker free dan No Crosstalk. Pada teknologi ini, Film telah ditambahkan dengan HARD PANEL IPS  (PANEL 3D TV). Sedangkan pada teknologi SG 3D, saya liat masih menggunakan PANEL VA. Lihatlah video dari Youtube di bawah ini.

Dari gambar diatas, kita dapat melihat bahwa molekul-molekul kristal cair tersebut disusun secara horisontal pada HARD PANEL IPS (In-Plane Switching). Saat kita sentuh, struktur molekul-molekul tersebut sedikit tertekan, tetapi struktur keseluruhan masih menyebar secara horisontal. Kecepatan pemulihan PANEL IPS sekitar 10 kali lebih cepat dibandingkan PANEL VA (Vertical Alignment). Sementara itu, struktur PANEL VA ketika kita sentuh, kondisinya sangat tidak stabil. Struktur molekul-molekul tersebut menyebar secara berantakan atau tidak beraturan.

HARD PANEL IPS memiliki struktur sel kristal cair berbentuk lingkaran yang stabil. Ketika dalam kondisi ON, sel-sel kristal cair tersebut  mulai berubah menjadi ke posisi horizontal dan menggunakan tambahan transistor, hal ini dapat dihasilkan melalui penggunaan kawat tembaga dengan nilai tahanan yang rendah. Sehingga kecepatan proses sinyal menjadi lebih tinggi.

Berbeda dengan PANEL VA atau Non IPS yang memiliki materi kristal cair pada waktu kondisi OFF berada dalam keadaan vertikal dan tidak ada transistor tambahan. Sel kristal cair tetap tegak lurus dengan substrat dan menciptakan tampilan hitam. Ketika dalam kondisi ON, sel-sel kristal cair mulai berubah menjadi ke posisi diagonal. Akibatnya dapat memungkinkan cahaya untuk melewati dan membuat tampilan putih.

Pada HARD PANEL IPS,kita dapat melihat gambar yang ditampilkan tetap stabil saat kita sentuh tanpa perubahan atau bekas sentuhan. Berikut ini saya masukkan gambar-gambar yang menampilkan perbedaan antara layar 3D TV yang menggunakan HARD PANEL IPS (gambar sebelah kiri) dengan layar 3D TV yang menggunakan PANEL VA (sebelah kanan).

Gambar pertama ini menjelaskan bahwa pada HARD PANEL IPS, saat kita sentuh layarnya tetap akan stabil dan tidak akan ada tampilan putih pada layar 3D TV. Sedangkan pada PANEL VA, ketika layar 3D TV kita sentuh, kita akan melihat tampilan putih pada layar 3D TV tersebut.

 

Gambar kedua menjelaskan bahwa pada HARD PANEL IPS, ketika kita sentuh layar tetap akan stabil dan menampilkan gambar yang jelas pada layar 3D TV. Sedangkan pada PANEL VA, ketika layar 3D TV kita sentuh, akan menghasilkan bekas sentuhan yang berwarna. Bekas sentuhan tersebut terlihat dengan jelas berwarna hitam pada PANEL VA.

 

Pada gambar ketiga menjelaskan bahwa HARD PANEL IPS yang ada di dalam layar 3D TV, memiliki kualitas gambar yang dinamis. Gambar tidak akan berbayang dalam adegan cepat. Sedangkan PANEL VA, kualitas gambarnya kurang bagus dan kurang dinamis, serta gambar berbayang ketika kita sedang dalam menonton adegan cepat.

Selain ketiga gambar diatas, kita masih bisa melihat perbedaan lainnya antara HARD PANEL IPS dengan PANEL VA. Pada HARD PANEL IPS, warna yang ditampilkan tampak lebih akurat dan lebih jelas dari berbagai sudut pandang, mau itu dari depan maupun dari samping. Kemudian juga pergantian warnanya jauh lebih baik dari PANEL VA, yaitu sekitar 20 kali lipat lebih baik. Sedangkan kalau PANEL VA, warna yang ditampilkan hanya warna nyata aja. Berikut ini contoh gambarnya:

Pada HARD PANEL IPS juga kristal cairnya bergerak secara horisontal. Sehingga, metode ini memiliki kecepatan respon yang lebih cepat, struktur piksel yang lebih sederhana dan juga pastinya sudut pandang yang lebih luas.

Itu semua adalah informasi yang saya peroleh dari internet. Semoga dengan saya share informasi ini, kita semua bisa lebih kenal dengan berbagai teknologi yang digunakan sama 3D TV, khususnya buat para maniak 3D, hehe….

 

  1. jablaymurahan
    June 28, 2011 at 4:46 am

    Ternyata itu keunggulan HARD PANEL IPS ya? Pantas kalo saya liat TV LCD itu dari samping gambarnya burem dan kalo disentuh itu pasti meninggalkan bekas. Jadi pengen deh punya LED / LCD TV yang pake teknologi HARD PANEL IPS, jadi bisa aman dari anak2 saya yang suka megang2 TV sembarangan.

  2. susilo
    January 6, 2012 at 4:53 am

    Dari keamanannya gimana itu kan tipis mudah patah atau pecah gak?

    • inginsekalisehat
      January 6, 2012 at 9:33 am

      sepertinya sih nggak gan, kecuali kali dibanting2 ya, hehehe

  1. No trackbacks yet.

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: