Home > NEWS > Sarapan Khas Negara-Negara di Dunia

Sarapan Khas Negara-Negara di Dunia

Apa menu sarapan anda hari ini?

Berikut ini saya akan bercerita tentang menu sarapan khas di beberapa negara. Hmmm… bikin perut jadi lapar!

 

•    Jepang
Masyarakat Jepang punya menu tradisional khusus untuk sarapan. Nasi, nori, makanan laut (berupa ikan) dan natto (dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan) adalah menu sarapan wajib bagi mereka. Hampir semua keluarga dan restoran di jepang menyajikan menu ini sebagai sajian utama untuk sarapan. Nasi, adalah makanan utama orang Jepang; untuk menyuplai energi seharian. Karena itulah, mereka lebih memilih nasi ketimbang roti untuk sarapan. Kandungan karbohidrat dalam nasi akan memberikan energy yang mencukupi sehingga mereka tidak akan cepat lelah selama beraktifitas seharian. Sementara itu, ikan dan natto bermanfaat untuk memberikan asupan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Natto itu sendiri ternate bagus sebagai pencegah kanker alami karena natto terbuat dari kacang kedelai yang dpercaya sebagai salah satuh bahan makanan yang mampu mencegah kanker. Jika anda bermukim di Jakarta dan ingin mencoba makanan Jepang, anda bisa mampir Restoran Jepang Kiseki di Jl. Kelapa Gading Boulevard – Kelapa Gading, atau Osamuya Japanese Restaurant di Jalan Melawai 8, Jakarta Selatan, atau Sekitei Japanese Restaurant di Jalan Darmawangsa Raya, Jakarta.

•    Turki
Menu sarapan di Turki biasanya terdiri dari keju, mentega, buah zaitun, telur, tomat, mentimun, buah-buahan atau madu yang disajikan di atas kaymak. Kaymak adalah produk olahan susu bertekstur lembut yang terbuat dari susu kerbau dan sapi. Kaymak memiliki kandungan emak susu yang tinggi, sangat lembut dan kaya citarasa.
Menu istimewa lainnya adalah menemen, yaitu sejenis telur orak arik khas Turki, campuran dari tomat panggang, cabai, minyak zaitun dan telur yang dimasak bersama. Menu ini biasanya disajikan bersama secangkir teh hitam.
Baik kayman dan menemen sangatlah bak untuk kesehatan karena makanan ini memberikan asupan energy yang cukup untuk aktifitas seharian. Selain itu kaymak terbuat dari susu yang juga baik untuk tubuh, terutama karena kandungan protein dan kalsiumnya. Jika Anda tinggal di Jakarta, Anda bisa singgah ke Anatolia Resto di bilangan Kemang, Jakarta Selatan.

•    Kamboja
Masyarakat Kamboja suka sekali babaw/bobor, yaitu sejenis bubur beras yang disajikan dengan tambahan telur asin, acar sayuran atau ikan kering, kadang juga ditambah potongan daging babi dan ayam. Masakan mereka hampir sama dengan masakan Asia Tenggara lainnya, bedanya mereka lebih banyak mengkonsumsi babi dan nasi. Bubur beras tersebut punya nutrisi yang hampir sama dengan nasi, yaitu mengandung banyak karbohidrat yang menghasilkan energy bagi tubuh. Selain itu, sayuran, telur, babi dan bahan pelengkap lainnya juga mengandung nutrisi tambahan seperti protein dan vitamin. Sama halnya dengan beras, bubur beras itu sendiri kaya akan vitamin B. Lalu, daging babi memiliki thiamin yang sangat tinggi (Vitamin B1) dan lebih sehat dibandingkan dengan daging merah.

•    Swedia
Menu sarapan masyarakat Swedia terdiri dari ikan, daging dan kentang. Tapi menu paling istimewa bagi mereka adalah bakso yang disajikan dengan kentang rebus, sayur, selai lingonberry, panekuk dan lutfisk. Buah lingonberry mengandung banyak asam organic, vitamin C, provitamin A, vitamin B dan nutrisi lainnya. Tampak enak dan sehat sekali ya!
Au minuman yang cocok untuk menemani menu ini adalah aktavit, minuman beralkohol yang sangat populer di Swedia.

•    Australia
Menu sarapan di Australia hampir sama dengan menu sarapan orang barat lainnya, seperti sereal, roti panggang dan buah-buahan. Menu sarapan popular lainnya adalah Vegemite, yang biasa dioleskan di roti panggang dan ditemani dengan teh, kopi, jus atau susu. Vegemite terbuat dari sisa ekstrak ragi bir dan bermacam sayuran dan rempah-rempah. Vegemite berwarna coklat kemerahan, hampir hitam, dan sangat kaya akan vitamin B. Teksturnya lengket seperti selai kacang namun sangat asin. Bahan utama Vegemite adalah ekstrak ragi, yang tinggi akan kandunga asam glutamate yang sangat baik untuk otak. Cara yang paling umum untuk menikmati Vegemite adalah dengan mengoleskannya di atas roti yang telah terlebih dulu dilapis mentega atau margarine. Vegemite juga bisa digunakan unutuk bahan tambahan pie, burger, pizza dan isian kue. Anda bisa singgah ke The Pancake Parlour di Oakwood Building, Lt. I – G1, Jl. Lingkar Mega Kuningan E. 42 No. 1.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: