Home > health > Kenali Perbedaan Penyakit Gondok dan Gondongan

Kenali Perbedaan Penyakit Gondok dan Gondongan

Kita pernah mendengar ada suatu penyakit pembesaran kelenjar yang sering kita sebut juga penyakit gondok. Tapi jangan salah sebut, karena ada juga penyakit yang namanya gondongan. Mau tahu apa perbedaannya?

Penyakit gondok dan penyakit gondongan sebenarnya sangat berbeda, walaupun namanya sepertinya sama. Pertama, penyakit gondok itu penyebabnya adalah hormon tiroid yang terganggu dan akibatnya membuat leher kita menjadi bengkak. Sedangkan kalau penyakit gondongan itu karena virus dan akibatnya membuat kelenjar air ludah kita menjadi nyeri serta bengkak.

Kedua, penyakit gondok ini sebenarnya artinya adalah pembesaran pada kelenjar tiroid yang cuma benjolan atau bengkak. Penyebab hal ini bisa banyak, bisa karena gangguan autoimun atau bisa juga karena kekurangan zat iodium yang ada pada garam. Lain halnya dengan penyakit gondongan yang disebabkan oleh virus. Gejala awalnya bisa demam, nyeri otot dan pusing. Karena penyebabnya dari virus, maka bisa aja menular dan diderita semua golongan.

Untuk mengantipasinya, kita bisa melakukan beragam cara. Yang terpenting adalah membuat system kekebalan tubuh kita atau daya imun kita menjadi lebih kuat. Sehingga tubuh kita tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

 

Sumber : http://health.kompas.com/index.php/read/2011/06/08/15472451/Bedanya.Gondok.dan.Gondongan

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: