Home > health, NEWS, SPORTS > Olahraga Malam Jadi Sulit Tidur

Olahraga Malam Jadi Sulit Tidur

Sehat tentu impian semua orang. Berolahraga secara teratur adalah salah satu upaya efektif yang dapat dilakukan untuk mengurangi stres dan kecemasan. Hal ini secara umum memang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Akan tetapi, pada beberapa orang, melakukan olahraga dalam selang lima jam sebelum waktu tidur justru akan menyebabkan sulit tidur.

Pada sebagian orang, rasa lelah setelah olahraga memang bisa membantu tidur nyenyak. Namun, ada juga orang yang justru menjadi segar bugar setelah berolahraga.

Seperti dijelaskan dalam Mayo Clinic Family Health Book, hal ini terjadi karena produksi adrenalin mengalami peningkatan setelah berolahraga. Sehingga kita menjadi bersemangat melakukan apa pun. Bila hal ini terjadi pada malam hari, tentu bukannya rasa kantuk yang datang, tetapi yang terjadi adalah waktu tidur  ikut bergeser.

Padahal, tidur kurang dari 6-8 jam dapat mengganggu kesehatan dan mengurangi kemampuan bekerja secara maksimal. Itulah sebabnya, jika Anda tergolong dalam kelompok yang kerap sulit tidur setelah olahraga, sebaiknya carilah waktu olahraga di sela aktivitas atau pagi hari.

Pada dasarnya, semua jenis olahraga bisa meningkatkan kualitas tidur, namun tidak disarankan untuk berolahraga secara berlebihan saat baru pertama kali. Lakukan olahraga secara rutin dan secara bertahap naikkan intensitasnya.

Sumber : http://health.kompas.com/read/2011/05/26/1553271/Olahraga.Malam.Bikin.Sulit.Tidur.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: