Home > NEWS, SPORTS > Mobil Super Hibrida Jaguar – Williams F1

Mobil Super Hibrida Jaguar – Williams F1

Formula Satu, disingkat F1 adalah kelas balapan mobil formula tempat duduk tunggal yang tertinggi. Terdiri dari sejumlah seri balapan yang dikenal dengan istilah Grand Prix. Balapan diselenggarakan di dalam sirkuit atau jalan umum dalam kota yang ditutup untuk umum. Hasilnya menentukan dua gelar juara dunia, satu untuk pembalap dan satu lagi untuk konstruktor. Pada balapan, mobil balap dapat mencapai kecepatan 300 km/h (185 mph) yang dihasilkan oleh mesin yang dapat mencapai tenaga sebesar 900 daya kuda pada putaran mesin sekitar 18.000 rpm  (per 2005).

Eropa adalah pusat tradisi Formula Satu dan tetap menjadi pusatnya hingga sekarang. Sekarang ini Grand Prix telah diadakan di seluruh penjuru dunia, dengan seri balapan baru di Bahrain, RRC, Malaysia dan Turki. Formula Satu adalah balap mobil termahal baik dalam segi produksi maupun olahraganya.

Aturan mainnya diatur oleh Fédération Internationale de l’Automobile (FIA), yang bermarkas di Place de la Concorde, Paris. Presidennya yang sekarang adalah Jean Todt, dan secara umum disponsori dan diatur oleh pemegang hak komersial resmi Bernie Ecclestone melalui berbagai perusahaan.

Kini Produsen mobil Jaguar bekerjasama Williams Formula One (F1) membuat mobil super hibrida. Seperti apa mobil perkawinan produsen mobil kelas atas itu?

“Saya bangga memperkenalkan C-X75 ini,” ujar Direktur Merek Jaguar Cars Adrian Hallmark.

Mobil super ini pertama dikenalkan di Paris Car Show. C-X75 dirancang untuk ‘kinerja mobil super’ menggunakan teknologi Williams F1 yang memadukan pembakaran internal dan motor listrik.

Mobil ini menghasilkan kurang dari 99g/km emisi CO2. Hallmark mengatakan, C-X75 merupakan ‘gebrakan’ kendaraan beremisi CO2.

“Mobil ini akan tetap ekslusif dengan keahlian William F1,” lanjutnya.

Mobil ini merupakan transfer teknologi motorsport menjadi kendaraan jalan biasa. Mobil ini dilengkapi mesin bensin tradisional dengan dua motor listrik. Mobil ini mampu melaju lebih dari 321 km.jam dan mampu mencapai kecepatan 96 km/jam dalam tiga detik.

Mobil ini dihargai US$1,15 juta (Rp9,8 miliar) dan akan diproduksi dari 2013 hingga 2015.

“C-X75 jelas tedepan dalam teknologi dan siap melaju ke masa depan,” tutupnya.

Gambar : google.com
Sumber : id.berita.yahoo.com/jaguar-williams-f1-bikin-mobil-super-hibrida-010100235.html
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: