Home > health > Tips Sehat dan Awet Muda dengan Buah Murbei

Tips Sehat dan Awet Muda dengan Buah Murbei

Murbei adalah sebuah genus yang terdiri dari 10–16 spesies pohon tertentu yang asli berasal dari daerah panas sedang dan subtropis di Asia, Afrika dan Amerika. Mayoritas spesies asli berasal dari Asia. Salah satunya yang terkenal adalah di desa Andaleh, kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, yang telah mencapai usia lebih dari 120 tahun.

 Murbei tumbuh cukup cepat pada saat masih muda, namun kemudian tumbuh lambat dan tingginya jarang melebihi 10-15 m. Daun Murbei merupakan daun sederhana berbentuk cuping dan menggergaji di bagian tepi. Buah murbei merupakan buah majemuk dengan panjang 2-3 cm, berwarna merah bila masih mudah dan ungu tua bila ranum, dan dapat dimakan.

Murbei terutama terkenal karena dedaunannya digunakan sebagai makanan ulat sutra. Selain itu, andalas (Morus macroura), salah satu spesies Murbei, sering digunakan kayunya untuk lantai rumah atau mebel karena kuat dan keras.

Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli di Brunswick Laboratories, Amerika Serikat menemukan sari buah murbei mengandung zat anti penuaan atau yang dikenal dengan sebutan antioksidan yang tinggi. Kadarnya bahkan dua kali lipat lebih besar dibandingkan yang dikandung jeruk, cranberry ataupun blueberry.“Murbei telah digunakan untuk melindungi tubuh dari serangan flu ataupun penyakit lainnya sejak dahaulu kala. Jadi aku tidak terkejut dengan hasil penelitian kami yang menunjukkan buah ini mengandung antioksidan yang tinggi,” kata juru bicara Brunswick Laboratories, Paulus Green, belum lama berselang.

Green juga menjelaskan, antioksidan dikenal membantu sistem kekebalan tubuh. Manfaat lain mampu melindungi tubuh dari serangan kuman dan virus. “Antioksidan juga kerap dijadikan alternatif botox dan prosuder medis lainnya yang berfungsi memperlambat proses penuaan,” tutur Green.

Gambar : google.com
Sumber : http://id.berita.yahoo.com/tetap-awet-muda-dengan-murbei-114939789.html

  1. desy setia santosa
    November 26, 2011 at 9:15 am

    jadi tertarik, di sekitar rumahku banyak banget pohon murbey

    • inginsekalisehat
      November 28, 2011 at 2:09 am

      wah enak ya mbak… di rumahnya banyak murbei, hehehe🙂

  1. No trackbacks yet.

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: