Home > SPORTS > Final Liga Champions: MU VS Barca

Final Liga Champions: MU VS Barca

Liga Champions kini akan memasuki babak final antara Manchester United melawan Barcelona. Final liga Champions ini masih tiga pekan lagi. Kedua raksasa sepakbola Eropa itu akan berduel kembali di final Liga Champions yang akan digelar di Stadion Wembley, London, Inggris, 28 Mei 2011. Dan tentu saja, pelatih pasukan Old Trafford itu harus lebih siap menghadapi ancaman para pemain terhebat dunia yang berkumpul di Barcelona, terutama Messi.

Sir Alex rupanya masih menyimpan hasrat untuk membalas dendam kekalahan Setan Merah 0-2 dari Barca di final Liga Champions 2009. Pada laga yang berlangsung di Stadion Olimpico, Roma, Italia, itu Messi menyumbangkan satu gol lewat sundulannya.

Sir Alex Ferguson mengerahkan seluruh staf dan jaringannya untuk mempelajari karakter Barcelona dan Messi sepanjang dua tahun terakhir ini. Sir Alex memerintahkan adiknya, Martin Ferguson untuk mengumpulkan data tentang permainan Barcelona dan menganalisisnya. Secara khusus, dia meminta data dan analisis lengkap gaya bermain bintang Barca asal Argentina, Lionel Messi.

 

Fergusson memiliki data statistik dan informasi mengenai bomber asal Argentina itu yang bahkan oleh Messi sendiri tidak diketahuinya. Dia mengetahui bagaimana Messi mendapatkan bola, apa yang Messi lakukan jika sudah mendapatkan bola, bagaimana cara menghentikannya, dan bagaimana membuatnya tidak berkutik.

Faktanya, Sir Alex sebenarnya telah menyiapkan pasukannya dengan baik untuk menghadapi laga berikutnya melawan Barca sejak MU MU tumbang 2-0 di ibu kota Italia dua tahun lalu itu. Setan Merah sempat menghentikan Messi dan kawan-kaan, saat semifinal 2008, MU bermain imbang tanpa gol di leg pertama semifinal Liga Champions di Camp Nou dan menang 1-0 di leg kedua di Old Trafford. Barca kemudian membalasnya di final 2009 itu.

Fergie yakin Messi sudah mendapatkan pengalaman yang lebih banyak sekarang, setelah melihat statistik permainannya yang berubah drastis. Namun dirinya tidak hanya mengandalkan stafnya di Old Trafford.

Fergusson sudah menyaksikan dengan mata kepalanya sendiri kiprah Messi di Tim Katalan itu. Sir Alex pergi ke Madrid untuk menyaksikan pertandingan leg pertama semifinal Madrid melawan Barca. Di situ, Sir Alex menyaksikan permainan Messi yang memborong dua gol kemenangan tanpa balas Barca atas Madrid.

Saat itulah dia menggunakan kesempatan untuk bertemu dengan pelatih Madrid Jose Mourinho. Dia akan berdiskusi dengan pelatih Real Madrid Jose Mourinho yang menjadi salah satu korban Barca di Liga Champions. Meski timnya kalah, Mourinho tentu punya banyak catatan tentang apa yang harus dilakukan dan dihindari MU saat menghadapi Barca nanti. Maklum, sebelumnya,  Madrid mampu mengatasi Messi dan membungkam Barca 1-0 di final Copa del Rey atau Piala Raja Spanyol.

Bahkan, Ferguson mendapat tips dari Mourinho bagaimana menghadapi Barcelona yang bakal menjadi lawan Manchester United di final Liga Champions. Pengalaman Mourinho yang sudah sering bertemu Barca itu tentunya bermanfaat bagi Ferguson.

Sayangnya, Mourinho gagal menghentikan laju Barca di semifinal Liga Champions. Namun, dirinya sukses di final Copa del Rey. Demikian pula saat Mourinho masih mengarsiteki Inter Milan musim lalu. Melalui Inter, pria asal Portugal ini menjegal langkah Barca di babak empat besar.

Hubungan mereka yang akrab ini juga memunculkan spekulasi bila Mourinho bakal menjadi suksesor Ferguson di Old Trafford. Hanya, masih terlalu dini spekulasi tersebut.

Pengalaman tersebut tentu menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi Sir Alex. Dan, tentu saja, Mourinho yang berambisi menjadi pengganti Sir Alex di Old Trafford dengan senang hati memberikan bocoran catatannya itu kepada pelatih berusia 69 tahun itu.

Gambar : google.com

Sumber : http://id.berita.yahoo.com/sir-alex-2-tahun-siapkan-mu-hadapi-barca-073000127.html

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: