Home > health, Uncategorized > Pemulihan bedah caesar

Pemulihan bedah caesar

Jika persalinan dilakukan secara caesar, anda akan menjalani masa nifas dengan dua tantangan sekaligus, yaitu pulih dari proses kelahiran dan pembedahan di perut. Bedah caesar memang mirip dengan semua jenis pembedahan di perut lainnya. Kecuali perineum yang tetap utuh, setelah menjalani bedah caesar anda juga akan mengalami semua hal tidak nyaman pasca-persalinan sama seperti ibu-ibu yang bersalin lewat vagina, yaitu nyeri susulan, lochea, keletihan, banyak keringat, pembengkakan payudara, perubahan hormon, kerontokan rambut, dan kerepotan aktivitas menyusui.

Dalam hal pemulihan pembedahan, Anda mungkin akan mengalami hal-hal sebagai berikut:
a. Sampai efek anestesi habis dan hilang, Anda akan dipantau ketat di ruang pemulihan. Reaksi orang terhadap anestesi berbeda. Ada yang sadar penuh dan waspada dalam beberapa jam atau hari, ada yang kehilangan orientasi atau bingung, mengalami halusinasi dan mimpi huruk. Pendamping atau perawat akan membantu membuat Anda kembali pada kenyataan saat Anda terjaga.

b. Efek anestesi spinal atau epidural lebih lama, pernahan biasanya dimulai dari jari kaki dan menjalar ke atas. Anda akan diminta menggerak-gerakkan jari clan kaki Anda sesegera mungkin. Jika Anda mendapatkan blok anestesi pada tulang belakang (spinal block), Anda harus tetap berbaring telentang selama 9-12 jam. Suami dan bayi mungkin diperbolehkan menjenguk di ruang pemulihan.

c. Nyeri di sekitar sayatan bedah. Ketika efek anestesi hilang, luka Anda akan nyeri. Seberapa nyerinya tergantung ambang nyeri dan berapa kali bedah caesar Anda alami dan caesar pertama yang terberat. Jika penu, Anda akan merelapat obat perecla nyeri yang membuat Anda mengantuk dan beristirahat. Obat-obatan ini tidak akan mempengaruhi ASI dan kolostrum Anda.

d. Mual dengan atau tanpa muntah. Anda akan diberi obat antiemetik untuk mencegah muntah.

e. Latihan pernafasan dan batuk. Latihan ini membantu mengeluarkan sisa-sisa bahan anestesi dan mengembangkan paru-paru agar bersih dan terhindar dari pneumonia. Lakukan dengan benar, meskipun pembersihan ini akan sangat tidak enak. Atasi dengan mengganjal bekas sayatan dengan bantal.

f. Pemeriksaan kondisi secara teratur. Perawat akan memeriksa tanda kehidupan Anda (suhu tubuh, denyut nadi, tekanan darah, dan pernafasan), pengeluaran air kemih dan cairan vagina, bekas luka sayatan, kekerasan dan letak rahim, juga infus dan kateter. Setelah keluar dari ruang pemulihan dan pindah ke kamar, anda dapat mengalami lanjutan evaluasi kondisi.

g. Pelepasan kateter setelah 24 jam. Akibatnya, mungkin sulit buang air kecil. Jika tetap sulit, kateter dapat dipasang sampai Anda dapat berkemih sendiri.

h. Pelepasan infus. Kira-kira 24 jam setelah pembedahan atau setelah usus mulai bergiat (dengan adanya pembentukan gas), infus akan dihentikan dan anda boleh minum lewat mulut. Dalam beberapa hari, anda mulai bisa menyantap makanan lunak, kemudian kembali ke diet biasa. Meskipun lapar, jangan Ianggar instruksi dokter. Jika menyusui, pastikan Anda banyak minum.

i. Nyeri alih bahu. Iritasi pada diafragma setelah pembedahan dapat menyebabkan nyeri menusuk pada bahu beberapa jam. Penghilang rasa nyeri ini dapat dibantu dengan analgesik.

j. Sembelit. Baru beberapa hari kemudian Anda bisa buang air besar dan ini normal. Obat pelunak bahan sisa makanan atau laksatif bisa membantu.

k. Dorongan untuk olahraga. Sebelum diperbolehkan bangun dari tempat tidur, Anda dianjurkan menggerakkan jari kaki, merenggangkan betis, melekukkan kaki di bagian mata kaki, menekan ujung tempat tidur dengan kaki, dan mengubah posisi tidur miring.

l. Bangun dari tempat tidur antara 8-24 jam setelah pembedahan. Dengan bantuan, pertama-tama duduk dulu didukung bagian atas tempat tidur yang ditegakkan. Selanjutnya, dengan tubuh ditahan tangan, geserkan kaki ke sisi ranjang dan biarkan kaki menggantung sebentar. Setelah itu, perlahan-lahan anda akan dibantu berdiri dengan tangan masih berpegangan pada ranjang. Jika Anda pening, duduklah kembali. Stabilkan diri untuk beberapa menit sebelum melangkah. Satu-dua langkah pertama bisa terasa sangat nyeri. Berdirilah setegak mungkin walaupun Anda tergoda membungkukkan badan untuk mengurangi rasa nyeri. Kesulitan berjalan ini hanya sementara.

m. Gunakan stocking elastis untuk melancarkan peredaran darah dan menghindari gumpalan darah di kaki.

n. Rasa tidak enak di perut. Saat saluran pencernaan Anda belum berfungsi akibat pembiusan, sejumlah gas yang terperangkap dapat menimbulkan nyeri, terutama jika menekan bekas sayatan. Rasa tidak enak bertambah saat Anda batuk, bersin, atau tertawa. Anda dapat meminta pereda nyeri pada dokter. Biasanya, Anda juga dianjurkan berjalanjalan di koridor rumah sakit, berbaring di sisi kiri, atau telentang dengan lutut ditekuk, kemudian menarik nafas dalam-dalam sambil memegangi bagian bekas sayatan. Jika rasa nyeri tetap parah, biasanya perawat akan memasukkan selang lewat rektum untuk mengeluarkan gas.

o. Waktu bersama bayi. Anda belum bisa mengangkat bayi Anda, tetapi dapat memeluk dan menyusuinya. Saat menyusui, letakkan bayi di bantal di atas luka sayatan. Rawat gabung bisa dilakukan jika kondisi anda memungkinkan.

p. Pengangkatan jahitan. Jika jahitan atau jepitan luka tidak melebur, maka harus diangkat dalam 4-5 hari setelah pem-bedahan. Meskipun tidak sakit, anda akan merasa tidak enak. Saat balutan dibuka, lihat luka sayatan bersama dokter. Tanyakan berapa lama akan sembuh, perubahan mana yang dianggap normal dan tidak aman.

q. Umumnya, pasien bedah caesar dapat meninggalkan rumah sakit setelah 3-5 hari pasca persalinan.

Pustaka
Merawat Bayi Tanpa Baby Sitter Oleh Yunisa Priyono

Categories: health, Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: