Home > health > Jangan Minum Es Saat Berbuka Puasa

Jangan Minum Es Saat Berbuka Puasa

Apakah hari ini Anda berpuasa?

Hmm, enaknya nanti kalau udah waktunya berbuka puasa, langsung minum es kelapa atau es buah. Pasti rasanya jadi segar, dan menghilangkan rasa dehidrasi kita. Bener kan?

Tapi, tunggu dulu sebentar ya, ternyata saya dapat informasi kalau kita buka puasa jangan langsung minum yang dingin-dingin dulu, terutama minum es. Karena katanya kalau kita langsung minum es saat berbuka puasa, nantinya bisa bikin lambung kita jadi sakit akibat adanya kontraksi di lambung tersebut. Minum es langsung saat perut kita masih kosong juga nggak baik buat kesehatan tubuh kita.

Kontraksi pada lambung tersebut mungkin karena perut masih kosong, kan seharian kita berpuasa, nggak makan dan minum. Jadi kalau langsung kita minum es, minuman dingin tersebut langsung membuat lambung kita menjadi kaget. Mungkin kalau sekali atau dua kali, kita belum merasakan apa-apa, tapi nanti kalau udah keseringan, baru berasa sakitnya.

Kalau menurut saran saya, tips sehat berbuka puasa sebaiknya nanti kalau kita mau buka puasa, kita minum air putih dulu. Kalau bisa minum air putihnya yang hangat, agar kondisi perut kita nggak kaget. Terus nanti kalau udah selesai minum air putihnya, kasih jeda waktu sebentar, lalu minum minuman hangat yang rasanya manis seperti teh manis yang hangat.

Setelah minum – minuman yang manis dan hangat tersebut, kalau ada ya makan makanan ringan dulu. Sunnah Rasul mengajarkan kepada kita untuk berbuka dengan yang manis – manis, apalagi kalau di waktu kita berbuka puasa ada makanan kurma, jadi lebih enak rasanya manis juga…

Kemudian kalau kita udah merasa perut kita udah lumayan enak, baru deh kita bisa nyobain minum – minuman yang dingin, seperti es buah atau es kelapa. Jadi intinya yang penting kalau kita berbuka puasa, jangan langsung minum – minuman yang dingin dulu ya biar perut kita juga stabil dulu dan nggak kaget langsung kena minuman dingin.

Okay, mungkin artikel ini dapat membantu kita saat memilih menu untuk berbuka puasa dan juga untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat selama berpuasa juga. Semoga informasi ini dapat berguna bagi kita semua ya…

 

About these ads
  1. August 15, 2011 at 12:40 pm

    Thanks. . .,pas buat kasih uTk kekasih aku. .! Oya Gan,kLo boleh nanya org punyakit Mag kalau minum es apa bahayanya? ;)

    • inginsekalisehat
      August 16, 2011 at 2:07 am

      Sama2 Mas Dani….

      maksudnya Mas orang bisa kena sakit maag kalo minum es apa? gitu Mas?
      Kayaknya semua es kalo diminum waktu kondisi perut lagi kosong bisa bikin sakit maag Mas… :)

      • Happyka
        September 8, 2011 at 7:59 am

        Mas Dani, biasanya sih kalau maag buka puasa pake es, bakalan kembung (banyak gas). But depends on the body susceptability si.. kadang ada juga yang engga. Mungkin malah faktor santan/susu pada es buah-nya yg bikin masalah sama lambung penderita maag. Saya sendiri selalu berbuka puasa dengan air hangat yang dikasih madu :) (maag akut :D)

      • inginsekalisehat
        September 9, 2011 at 3:07 am

        Iya, lebih baik untuk mengantisipasi penyakit maag, mending kita minum air hangat aja dulu waktu berbuka puasa.. Ya, bisa minum air putih hangat atau teh manis hangat, ada baiknya jangan langsung minum es, bener kan Mbak Happyka? hehehe ^_^

  2. August 16, 2011 at 6:49 am

    Iye… bener banget… bikin tenggorokan sakit pula… No ice pas buka puasa… Tq

    • inginsekalisehat
      August 19, 2011 at 7:46 am

      hahaha… trauma Mas, setiap buka minum es, pasti besokannya bakalan pilek deh, hehehe…. sama2 Mas, makasih udah mampir ya… ^_^

  3. blogkesehatan.com
    August 19, 2011 at 11:12 am

    info’a bagus…. ini bisa dipae sebagai dasar untuk ngasih nasehat ke orang yang seneng berbuka dengan yang dingin… ;p

    • inginsekalisehat
      August 22, 2011 at 1:18 am

      hehehe, makasih mbak, ya buat nasehat juga bagus sbg referensi mbak.. btw, saya juga kena dong nasehatnya nih, kadang2 saya tetep suka minum es sih, hahahaha :D

  1. August 16, 2011 at 6:53 am

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: