Home > health > Penyakit di Musim Hujan

Penyakit di Musim Hujan

Menjelang musim hujan, sepertinya di lingkungan kita akan ada yang terserang oleh berbagai penyakit yang ada. Seperti demam, sakit kepala, pilek dan batuk. Kesemua penyakit itu adalah karena musim hujan. Penyakit yang hampir sama sepeti batuk dan pilek kadang kita sering samakan juga obatnya, padahal ini sangat berbeda. Di iklan juga kan kita lihat kalau obat batuk juga berbeda-beda, ada obat untuk batuk kering, obat untuk batuk berdahak dan obat untuk batuk pilek. Apakah perbedaan obat batuk dan obat pilek? Simak bacaan berikut untuk mengetahuinya.

Obat batuk terbagi atas dua jenis, yaitu obat batuk berdahak dan batuk kering. Obat batuk berdahak mengandung mukolitik yang berguna untuk mempermudah pengeluaran dahak. Dan yang kedua adalah obat batuk kering yang mengandung dekstrometorfan. Obat batuk kering ini tidak dianjurkan bagi mereka yang berdahak karena jika diminum, maka bisa jadi pengeluaran dahak malah jadi terganggu.

 

Sedangkan obat pilek adalah obat yang mengandung antihistamin yang dapat membuat kita dapat mengurangi bersin dan ingus, kemudian juga mengandung dekongestan nasal yang berfungsi untuk mengurangi gejala hidung tersumbat.

 

Karena gejala berbeda, maka obatnya pun berbeda juga. Kita nggak boleh asal sembarangan minum obat aja. Minum obat harus sesuai dengan gejala dan anjuran atau resep dari Dokter. Karena jika sembarangan dan tanpa anjuran, bisa jadi sakit kita malah tambah parah dan risikonya pun besar bagi kesehatan kita.

About these ads
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Silahkan isi komentar Anda...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: